Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah buruh pabrik pulang kerja di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Fauzan
Premium

1 Tahun Jokowi - Ma’ruf Amin : Digempur Covid-19, Sejumlah Prioritas Terpaksa Minggir

20 Oktober 2020 | 12:02 WIB
Kemunculan pandemi Covid-19 membuat pemerintah berputar otak dalam mendesain ulang kebijakan yang benar-benar efektif dalam menggenjot ekonomi nasional.

Bisnis.com, JAKARTA – Setahun berlalu sejak Presiden Joko Widodo mengawali periode kedua masa pemerintahannya, tetapi kemunculan pandemi Covid-19 harus mengorbankan sejumlah prioritas yang sudah ditetapkan.

Presiden Joko Widodo sendiri telah menetapkan lima aspek yang bakal menjadi prioritas sepanjang 2019-2024.

Prioritas itu mencakup pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul, komitmen melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk mengakselerasi nilai tambah perekonomian, penyederhanaan regulasi lewat revisi perundang-undangan, penyederhanaan birokrasi, dan mendorong transformasi ekonomi yang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam.

Kepala Ekonom Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri, pandemi Covid-19 yang menimbulkan krisis kesehatan dan ekonomi telah membuat sejumlah prioritas tersebut terpinggirkan.

Di sisi lain, dia menilai bahwa publik lebih berharap agar pemerintah fokus pada penanganan pandemi.

“Melakukan berbagai reformasi pada masa seperti ini bukan langkah yang tepat karena tantangannya besar,” kata Yose saat dihubungi, Senin (19/10/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top