Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Joko Widodo saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) - Bisnis - Nurul Hidayat
Premium

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf: Realisasi Janji Transformasi Ekonomi Terganjal?

19 Oktober 2020 | 17:03 WIB
Transformasi ekonomi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern menjadi salah satu janji dan arah kebijakan yang digaungkan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Bagaimana realisasinya selama satu tahun masa kepemimpinan mereka?

Bisnis.com, JAKARTA – “Pada akhirnya, yang kelima adalah transformasi ekonomi. Kita harus bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern."

Penggalan kalimat itu merupakan satu dari lima janji kerja atau fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Adapun, janji itu disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pidato pelantikan untuk masa jabatan 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Janji tersebut seolah memberikan angin segar bagi perekonomian nasional. Maklum, ekonomi Indonesia sejak lama terbilang cukup tergantung pada eksplorasi sumber daya alam (SDA) dalam bentuk mentah.

Pidato Jokowi itu setidaknya menunjukkan bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk memacu hilirisasi SDA dan bahkan mulai menggenjot manufaktur bernilai tambah juga sektor jasa.

Namun, satu tahun berjalan masa kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, sudahkan janji itu mulai terealisasikan?

Salah satunya dapat dilihat dari data ekspor nonmigas Indonesia sepanjang Januari-September 2020. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produk lemak dan hewan nabati menempati peringkat pertama sebagai kontributor ekspor Indonesia dengan porsi 12,45 persen senilai US$13,85 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top