Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kadin : UU Ciptaker Bakal Tingkatkan Investasi Sektor Pertanian

Kadin mengharapkan agar kementerian teknis dapat menggandeng pelaku usaha untuk penyusunan peraturan pelaksana UU Ciptaker.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  19:01 WIB
PT Great Giant Pineapple (GGP), sebagai perusahaan swasta terbesar penghasil produk hortikultura di Indonesia, melakukan ekspansi bisnis di Kabupaten Tanggamus dengan konsep CSV.  - GPP
PT Great Giant Pineapple (GGP), sebagai perusahaan swasta terbesar penghasil produk hortikultura di Indonesia, melakukan ekspansi bisnis di Kabupaten Tanggamus dengan konsep CSV. - GPP

Bisnis.com, JAKARTA — Revisi sejumlah regulasi sektor pertanian yang tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja dipandang bisa menjadi katalis peningkatan investasi di bidang ini.

Dengan demikian, upaya untuk peningkatan produksi dalam negeri dan sinkronisasi dengan industri pertanian dapat tercapai.

Wakil Ketua Umum Bidang Makanan Olahan dan Industri Peternakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Juan Permata Adoe mengatakan bahwa kurang optimalnya sektor pertanian turut dipengaruhi oleh terbatasnya investasi pada pengembangan komoditas pangan, hortikultura, dan peternakan.

“Kita bisa sukses dengan sawit karena pemerintah membuka investasi di sini. Perlindungan sektor tertentu menjadi kendala dalam pengembangan,” kata Juan kepada Bisnis, Selasa (13/10/2020).

Mantan Ketua Umum Asosiasi Produsen Daging Dan Feedlot Indonesia (Apfindo) itu pun pun menepis persepsi yang menyebutkan bahwa UU Cipta Kerja mengerdilkan produksi dalam negeri.

Alih-alih demikian, dia menilai bahwa kemudahan investasi di sektor pertanian dan peternakan bisa membuka jalan untuk peningkatan produksi yang lebih efisien sehingga bisa bersaing dengan produk impor.

“Tidak benar UU ini tidak memperhatikan produksi dalam negeri. Prinsipnya investasi mencari yang menguntungkan dan selama pandemi sektor pertanian ini sektor champion. Jadi, peluangnya besar sekali, kuncinya di tanaman pangan, peternakan, dan hortikultura,” kata dia.

Oleh karena itu, Juan pun mengharapkan agar kementerian teknis dapat menggandeng pelaku usaha untuk penyusunan peraturan pelaksana UU Cipta Kerja ini. Dengan demikian, regulasi yang dibuat dapat mengakomodasi pertumbuhan industri pertanian dan peternakan di dalam negeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cipta kerja
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top