Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pedagang aneka bahan bumbu masakan tertidur saat menunggu calon pembeli di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). -  ANTARA / Sigid Kurniawan
Premium

Deflasi 3 Bulan, Apa yang Salah dari Pemerintah?

01 Oktober 2020 | 20:08 WIB
Laju indeks harga konsumen (IHK) Indonesia masih belum bisa tumbuh sesuai harapan, di tengah pandemi Covid-19. Kendati pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk mendongkrak perekonomian.

Bisnis.com. JAKARTA – Di tengah gencarnya langkah pemerintah menggenjot konsumsi masyarakat saat pandemi Covid-19, melalui beragam kebijakan. Nyatanya laju indeks harga konsumen (IHK) justru masih di bawah ekspektasi. Apa yang perlu dibenahi pemerintah?

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks harga konsumen (IHK) pada September 2020 kembali mengalami penurunan atau deflasi sebesar 0,05 persen. Deflasi tersebut sama dengan Agustus 2020.

Sementara inflasi secara tahun berjalan atau year-to-date (ytd) sebesar 0,89 persen. Adapun secara tahunan year-to-year (yoy) mencapai 1,42 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan deflasi pada September 2020 merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut sejak Juli 2020. Tren ini pertama kali terjadi sejak 1999.

Dari kelompok pengeluaran. deflasi disumbang oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau, serta kelompok transportasi. 

"Jadi karena banyak komoditas yang turun harga dibandingkan kenaikan. itu menyebabkan kelompok pengeluaran mamin [makanan dan minuman] tembakau andil 0,09 persen." dalam konferensi pers Kamis (1/10/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top