Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Marwan Jafar: Transformasi BUMN Sudah On the Track

Selain membenahi sisi bisnis sebagai entitas perusahaan negara, sebagian BUMN mulai serius memberi perhatian di sisi tugas sosial di tengah pandemi Covid-19.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 30 September 2020  |  16:47 WIB
Anggota DPR RI Marwan Jafar - Antara
Anggota DPR RI Marwan Jafar - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar menilai di tengah situasi Pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi saat ini sebagian Badan Usaha Milik Negara sudah mulai melaksanakan transformasi secara signifikan.

Menurut Marwan selain membenahi sisi bisnis sebagai entitas perusahaan negara, sebagian BUMN mulai serius memberi perhatian di sisi tugas sosial di tengah pandemi Covid-19.

“Yang jelas, pilihan bertransformasi bagi kalangan BUMN mesti terus dilanjutkan secara lebih cepat, cerdas, strategis dan terukur dengan tetap melihat fakta lingkungan bisnis, kondisi sosial dan ekonomi yang juga terus bergerak dinamis,”ujarnya kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Marwan menambahkan bila tidak terus bertransformasi dipastikan BUMN bakal kalah bersaing dan tidak mendapat kepercayaan di lingkungan bisnis maupun citra di tengah masyarakat.

Menurutnya, kalangan BUMN juga tidak boleh diam dan harus terus melakukan terobosan.

”Justru sekarang lah waktu yang tepat buat melakukan evaluasi, pembenahan, menegaskan strategi dan bertranformasi secara sungguh-sungguh," kata Marwan.

Politisi PKB itu turut mengapresiasi beberapa upaya transformasi yang sudah dikerjakan sebagian BUMN dan yang telah berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, Marwan menilai upaya transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN sudah berjalan on the track.

“Sudah cukup sering saya juga mengingatkan dan mengkritisi lah secara solutif, agar seluruh entitas BUMN dievaluasi serta dibenahi secara serius. Baik yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi, kesehatan, energi dan seterusnya," kata mantan Ketua Fraksi DPR tersebut.

Pada bagian lain, Marwan menyarankan supaya BUMN saling berlomba bertransformasi melalui berbagai bentuk yang rasional secara bisnis, melihat perubahan lingkungan, bertanggungjawab, berkelanjutan, dan tetap mengingat tugas sosial secara konsekuen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr BUMN
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top