Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Joko Widodo berdiri di depan gerbang jalan tol Kualanamu ketika meninjau jalan tol Trans Sumatra di sela-sela peresmiannya, di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (13/10). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan. - ANTARA/Septianda Perdana
Premium

Ekonomi dan Pariwisata Andalas, Menanti Tuah Tol Trans Sumatera

31 Juli 2020 | 03:55 WIB
Ruas tol Trans Sumatera sepanjang 2.704 kilometer menghubungkan Lampung dan Aceh. Patut ditunggu dampaknya bagi ekonomi dan pariwisata Sumatera.

Rahmad, warga Banda Aceh, takjub saat pertama kali melintasi jalan tol Sigli Banda Aceh seksi Blang Bintang - Indrapuri sebulan lalu. Menempuh rute tanpa hambatan itu hanya memakan waktu sekitar 10 - 15 menit.

Biasanya, butuh waktu sekitar 30 menit lebih untuk menempuh perjalanan dari Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar menuju Indrapuri. Kini jarak itu terpangkas hingga 20 menit.

“Kalau dibuka bisa memudahkan sekali, cepat sekali [jarak tempuhnya]. Dari Blang Bintang ke Indrapuri cepat kali. Cuma 10 menit,” ceritanya kepada Bisnis, Kamis (30/7/2020).

Rencana pembangunan tol Sigli - Banda Aceh sudah direncanakan pemerintah sejak 2018. Ruas ini merupakan satu dari 24 ruas jalan yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero).

Pemerintah memberi mandat kepada Hutama Karya untuk membangun dan mengembangkan jalan tol Trans Sumatera. Seluruh ruas ini akan menghubungkan Lampung dan Aceh dengan ruas jalan sepanjang 2.704 kilometer.

Seluruh ruas jalan ditargetkan beroperasi pada 2024. Tujuannya untuk menumbuhkan perekonomian di Sumatera. Terlebih pulau ini kaya akan potensi alam dan komoditas seperti karet, kelapa sawit, kopi, minyak bumi, hingga gas alam.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top