Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah New Normal, Penumpang Bus masih Sepi, Agen Tiket Menjerit

Agen tiket bus di Karanganyar menjerit lantaran bisnis mereka belum juga pulih meski sektor transportasi mulai bangkit dengan pelonggaran di era new normal. Seorang pengelola agen bus bahkan mengaku penghasilannya anjlok 75 persen akibat sepinya penumpang.
Kondisi kios-kios agen tiket bus antar kota di Terminal Gondangrejo, Karanganyar, Rabu 22 Juli 2020 sepi meskipun pemerintah sudah memperbolehkan bus beroperasi./JIBI-Candra Mantovani
Kondisi kios-kios agen tiket bus antar kota di Terminal Gondangrejo, Karanganyar, Rabu 22 Juli 2020 sepi meskipun pemerintah sudah memperbolehkan bus beroperasi./JIBI-Candra Mantovani

Bisnis.com, KARANGANYAR - Agen tiket bus di Karanganyar menjerit lantaran bisnis mereka belum juga pulih meski sektor transportasi mulai bangkit dengan pelonggaran di era new normal. Seorang pengelola agen bus bahkan mengaku penghasilannya anjlok 75 persen akibat sepinya penumpang.

Kondisi agen tiket bus di Karanganyar itu tak lepas dari dampak pandemi Covid-19. Minimnya pengguna jasa perjalanan bus membuat mereka tak bisa mencari nafkah seperti sebelum pandemi.

Pantauan Solopos.com di Terminal Gondangrejo, Karanganyar pada Rabu (22/7/2020) siang, hanya ada satu unit bus saja yang diparkir tanpa penumpang. Deretan kios berspanduk perusahaan otobus di terminal itu terlihat buka seperti biasanya, namun sepi pelanggan.

10 Berita Terpopuler: Keluarga Miskin di Bekas Gudang Pabrik Es Solo Menikah

Salah seorang agen tiket PO Harapan Jaya dan PO Laju Prima, Dwi Susanto, bercerita meskipun sudah diterapkan kenormalan baru, namun belum banyak orang yang mau menggunakan jasa transportasi bus.

Penurunan jumlah konsumen dinilainya terjun bebas jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi. “Sepi, sepi sekali penumpangnya. Bahkan ada yang tidak ada. Setiap hari paling hanya satu atau dua [bus] yang bisa saya berangkatkan. Tapi kalau daerah lain saya tidak tahu karena ada agennya sendiri. Soalnya ini jurusan antar kota antar provinsi,” jelas dia.

Dwi mengaku bisa mengeruk penghasilan sebanyak Rp3 juta hingga 4 juta per bulan sebelum pandemi. Saat ini dia maksimal hanya bisa mendapatkan penghasilan Rp1 juta per bulan.

Setelah Singapura, Negeri Asal Lee Min-ho Masuk Zona Resesi Ekonomi

Kursi Bus Dilepas untuk Pengiriman Barang
“Dulu pas belum boleh, busnya bahkan melayani ekspedisi pengantaran barang saking tidak ada penumpang. Kursi-kursinya dicopot untuk tempat barang. Saya ya ikut saja menerima jasa pengantaran barang selama waktu itu untuk bertahan hidup. Tapi sekarang sudah kembali buat penumpang saja,” terang dia.

Lebih parah dirasakan Suryono, agen tiket bus PO Langsung Jaya di Terminal Bejen, Karanganyar yang mengaku selama pandemi sama sekali tidak mendapatkan penumpang.

Tak Kantongi Izin Usaha, 4 Pengusaha Karaoke di Sragen Harus Bayar Rp4 Juta-Rp5 Juta

Satu-satunya penumpang yang menggunakan jasanya dilayani saat awal status KLB di Indonesia ditetapkan. Hingga saat ini dia mengaku tak ada penghasilan yang didapatkan dari penjualan tiket.

“Saat sebelum pandemi pasti ada penumpangnya. Sebulan ya bisa dapat setidaknya Rp1 juta. Tapi sekarang sudah nol rupiah. Benar-benar tidak ada hasil dari agen tiket bus. Meskipun memang ada satu bus setiap hari yang datang, kalau dari sini ya kosongan pas berangkat lagi. Soalnya tidak ada yang beli tiket buat naik,” jelas dia.

Untuk mencukupi kebutuhan, Suryono juga berjualan makanan ringan dan minuman ringan di kiosnya. Sehari penghasilan kotor yang diperoleh sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000. “Ya mau bagaimana lagi, begini keadaannya,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Candra Mantovani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper