Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jambi & 20 Kota Lain di Dunia Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah

Dalam mengelola sampah, Pemerintah Kota Jambi menggunakan sistem semi sanitary landfill.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  13:58 WIB
Ilustrasi: Foto udara Jalan Lintas Timur Sumatra di Mestong, Muarojambi, Jambi, Rabu (22/5/2019). - ANTARA/Wahdi Septiawan
Ilustrasi: Foto udara Jalan Lintas Timur Sumatra di Mestong, Muarojambi, Jambi, Rabu (22/5/2019). - ANTARA/Wahdi Septiawan

Bisnis.com, JAMBI — Kota Jambi bersama 20 kota lain di dunia terpilih menjadi daerah percontohan dalam program pengelolaan sampah UN Habitat, program permukiman manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Kota Jambi satu-satunya kota di Indonesia yang terpilih menjadi pilot project manajemen pengelolaan sampah oleh UN Habitat," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Kamis (16/7/2020).

"Nantinya manajemen pengelolaan sampah yang kita terapkan akan menjadi contoh pengelolaan sampah bagi kota-kota lainnya di dunia," katanya.

Dalam mengelola sampah, Syarif menjelaskan, Pemerintah Kota Jambi menggunakan sistem semi sanitary landfill, menumpuk sampah di satu tempat cekung dan memadatkan dan menimbunnya dengan tanah.

Menurut dia, pemerintah kota sedang membangun sarana dan prasarana pendukung untuk menerapkan sistem full sanitary landfill serta mengolah sampah menjadi energi, pupuk, dan produk bernilai lainnya.

Dari UN Habitat, menurut wali kota, Pemkot Jambi akan mendapatkan dukungan untuk menyiapkan sumber daya manusia serta menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, termasuk mobil pengangkut sampah.

Berkenaan dengan pengelolaan sampah, Pemkot Jambi pada Rabu (15/7/2020) menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Kota Ratnapura di Sri Lanka dan UN Habitat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jambi sampah

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top