Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja memotret produk sepatu Prospero yang akan dipasarkan melalui platform digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (3/7/2020). Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 9,4 juta UMKM sudah menggunakan atau memasarkan produknya melalui pasar e-commerce dan mendapatkan manfaat penggunaan teknologi digital untuk transaksi lintas batas. - ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Premium

Segudang Pekerjaan Rumah Membenahi Basis Data UMKM

10 Juli 2020 | 10:21 WIB
Pemerintah mendorong terkoneksinya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan marketplace. Namun, hal ini terhalang ketiadaan basis data yang mumpuni.

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 menghadirkan pekerjaan rumah baru bagi Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Meski diakui sebagai pendorong ekonomi nasional, tapi ketiadaan basis data komprehensif atas sektor ini mengancam pertumbuhan, terutama di era digital.

Dengan terus berjalannya waktu dan nasib satu per satu bisnis kecil kian terancam karena terdampak pandemi, pemerintah dituntut meramu strategi untuk membantu pengusaha kecil bertahan di tengah ketidakpastian dan perubahan perilaku masyarakat.

Data pemerintah mengatakan sekitar 40-50 persen UMKM terganggu aktivitasnya dan implikasinya, mereka terancam tak sanggup membayar cicilan kepada lembaga pembiayaan.

Menteri Koperasi dan UMKM (Menkop UMKM) Teten Masduki sebenarnya sudah punya gambaran mengenai jalan keluar untuk membantu UMKM, yakni mendorong para pengusaha berjualan di marketplace. Targetnya, menghubungkan 10 juta UMKM dengan ekonomi digital.

Teten, baru-baru ini mengklaim bahwa berdasarkan pantauannya, pengusaha-pengusaha kecil yang sudah memindahkan jualannya ke marketplace cenderung menunjukkan prospek menjanjikan.

“Dan juga, ada prediksi pada 2025, potensi ekonomi digital kita bisa sampai Rp200 triliun. Artinya, UMKM tak bisa lagi dilihat sebelah mata,” sambungnya, saat jadi pembicara dalam diskusi bertajuk Digital Economy dan Pemberdayaan UMKM: Tantangan Membangun Ekosistemnya, Rabu (8/7/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top