Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - Nelayan tuna. - Bloomberg / Enrique Soriano
Premium

Historia Bisnis: Masuknya Kapal Ikan Besar Jalur Deregulasi ke Laut Indonesia

06 Juli 2020 | 22:27 WIB
Pemerintah menerbitkan paket deregulasi perizinan untuk memudahkan kapal-kapal eks asing dengan bobot 100 Gt ke atas beroperasi di Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan Menteri Perikanan dan Kelautan Eddy Prabowo melakukan pembukaan kembali sektor kelautan dengan alasan untuk peningkatan ekonomi masyarakat tempatan menjadi perhatian publik.

Riuh berita media dan kicauan masyarakat di media sosial terus mengemuka. Sebagian mendukung dengan alasan luasnya laut Indonesia, namun penolakan tidak kalah besarnya juga terdengar. Pelonggaran kebijakan sektor kelautan itu dianggap mempercepat kerusakan alam.

Tepat hari ini, 24 tahun lalu atau 6 Juli 1996, Bisnis Indonesia menurunkan laporan mengenai langkah pemerintah yang melakukan pelonggaran izin atau deregulasi besar-besaran sektor perikanan.

Kala itu, deregulasi diumumkan langsung oleh 4 menteri era Presiden Soeharto. Pengumuman itu juga disambut dengan keriuhan besar karena pernyataan resmi pemerintha diliput lebih dari 100 wartawan lokal dan asing.

Tiga aspek dikemukakan sebagai alasan akhirnya Indonesia mengizinkan kapal-kapal eks asing untuk beroperasi di laut nasional.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top