Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Produk Tembakau Alternatif Bukan untuk Anak-Anak

Produk tembakau alternatif memang hanya ditujukan bagi perokok dewasa. Sebab, produk ini mengandung nikotin.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 06 Juni 2020  |  21:37 WIB
Pedagang memperlihatkan rokok elektronik (e-cigarette), di Palembang, Kamis (21/5/2015). - Antara/Nova Wahyudi
Pedagang memperlihatkan rokok elektronik (e-cigarette), di Palembang, Kamis (21/5/2015). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Vaper Indonesia (AVI) mengklaim produk tembakau alternatif dapat memberikan pilihan bagi perokok dewasa yang tidak bisa berhenti merokok untuk beralih ke produk tembakau yang lebih rendah risiko.

Ketua AVI Johan Sumantri menjelaskan para perokok kerap mengalami kesulitan berhenti merokok secara langsung, sehingga produk tembakau alternatif berperan penting untuk membantu mereka beralih. 

“Produk tembakau alternatif khusus ditujukan untuk perokok yang sudah dewasa atau yang usianya 18 tahun ke atas dan sebelumnya memang sudah merokok. Jadi, produk ini bukan untuk dikonsumsi anak-anak dan non perokok,” katanya, dalam keterangan tertulis yang dikutip Bisnis, Sabtu (6/6/2020)

Menurutnya, AVI yang beranggotakan konsumen rokok elektrik ini aktif menyuarakan imbauan tersebut baik kepada anggotanya maupun masyarakat.

Ahli Toksikologi dari Universitas Airlangga Sho’im Hidayat menambahkan produk tembakau alternatif memang hanya ditujukan bagi perokok dewasa. Sebab, produk ini mengandung nikotin.

Adapun nikotin dinilai memiliki mekanisme biologis yang sama dengan kafein, zat alkaloid yang secara alami terkandung dalam kopi. Perbedaannya, produk tembakau alternatif tidak dibakar seperti rokok, sehingga tidak menghasilkan asap.

“Jadi, nikotin bukan komponen utama yang memicu berbagai macam penyakit tidak menular yang diakibatkan oleh rokok. Produk ini khusus bagi perokok dewasa dan dapat menyebabkan ketergantungan,” kata Shoim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rokok elektrik Industri Vape
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top