Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendes PDTT Gandeng Shopee Bantu UMKM BUMDes Terdampak Covid-19

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menggandeng Shopee untuk membantu para UMKM dan BUMDes yang terdampak Covid-19. Kerja sama itu dimulai dari 7 kabupaten dan secara bertahap akan meluas ke kabupaten lainnya.
Pegawai Bumdes menata produk di outlet BUMNShop, Desa Bojong, Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (31/1/2019)./ANTARA-Nurul Ramadhan
Pegawai Bumdes menata produk di outlet BUMNShop, Desa Bojong, Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (31/1/2019)./ANTARA-Nurul Ramadhan

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menggandeng Shopee untuk membantu para UMKM dan BUMDes yang terdampak Covid-19. Kerja sama itu dimulai dari 7 kabupaten dan secara bertahap akan meluas ke kabupaten lainnya.

Samsul Widodo, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan, pada masa pandemi penyebaran Covid-19 penting untuk bisa turut andil dalam memberikan dampak positif terhadap sesama, terutama kepada para pelaku UMKM yang berjuang selama masa pandemi ini.

"Kami menyambut baik kerja sama jangka panjang yang kami lakukan dengan Shopee untuk para pelaku UMKM terdampak Covid-19 ini. Kami berharap, program kerja sama ini dapat senantiasa menjaga keberlangsungan usaha UMKM di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (30/4/2020).

Samsul menuturkan perekonomian Indonesia yang goyah semasa pandemi ini, berimbas pada berbagai sektor UMKM di Indonesia. Seiring dengan tumbuh dan kembangnya teknologi, UMKM dapat memanfaatkan pendekatan digital untuk membantu kelangsungan usaha.

Adapun, terdapat beberapa program yang didukung dan diberikan oleh Shopee. Pertama, melancarkan Logistik dalam Situasi PSBB.Shopee membantu para pelaku UMKM untuk dapat meminimalisir jumlah karyawan yang bekerja di toko offline melalui edukasi logistik secara online.

Kedua, dukungan modal kerja dari Shopee di mana pelaku UMKM terdampak Covid-19 diberikan sejumlah modal oleh Shopee melalui program stimulus bantuan Rp100 Miliar untuk para UMKM binaan Shopee yang terdampak.

Ketiga, dukungan beroperasi online di Shopee di mana Shopee memberikan pelatihan kepada para UMKM binaan di lebih dari 7 Kabupaten Indonesia agar bisa mengadaptasikan dan mengembangkan bisnisnya ke ranah online.

Keempat, pendekatan literasi digital untuk dongkrak performa bisnis. Pelatihan bagi para UMKM terdampak Covid-19 dalam melihat peluang untuk dapat secara efektif meningkatkan performa bisnisnya secara online, yang didukung oleh aplikasi Shopee.

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee, mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab Shopee untuk andil dalam membantu pihak-pihak terdampak Covid-19, khususnya UMKM binaan kami di Indonesia.

"Melalui kerjasama yang dijalin dengan Kemendes PDTT ini, kami berharap dapat senantiasa menciptakan dampak positif untuk keberlangsungan para UMKM Indonesia melalui program-program pelatihan online yang diberikan di lebih dari 7 kabupaten Indonesia,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper