Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Diminta Jamin Keselamatan Pekerja Selama PSBB

Kendati berisiko, pekerja di sejumlah sektor penting harus tetap menjalankan tugas selama PSBB berlangsung. Oleh karena itu, pemerintah diminta agar menjamin keselamatan para pekerja
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 10 April 2020  |  19:53 WIB
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen. - Istimewa / Pertamina
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen. - Istimewa / Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah diminta agar menjamin keselamatan pekerja di sektor yang harus beroperasi secara normal saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Pengamat Kebijakan Publik Achmad Nur Hidayat menilai keberadaan sektor tersebut sangat penting untuk menunjang hajat hidup banyak orang selama PSBB berlangsung. Oleh karena itu, dia menyarankan agar para pekerja di sektor yang dikecualikan diberikan bonus serta alat pelindung diri (APD) yang mumpuni. Sebagai contoh, dia menyebut penyediaan masker bagi para pekerja. 

"Pemerintah seharusnya membuat aturan atau protokol yang detail, khususnya bagi pekerja yang tetap beroperasi dan melayani masyarakat pada periode PSBB di DKI Jakarta dan sekitarnya,"  katanya ketika dihubungi, Jumat (10/4/2020).

Berdasarkan Pergub 33/2020 tentang Pelaksanaan PSBB, Gubernur DKI Jakarta menghentikan sementara operasional kantor dan aktivitas masyarakat. Meski demikian, ada beberapa sektor-sektor yang tetap beroperasi atau dikecualikan, yaitu sektor kesehatan, pangan, energi, komunikasi dan media, keuangan, logistik, kebutuhan sehari-hari atau ritel, perhotelan, konstruksi, dan industri strategis.

Selain itu, dia meminta agar pemerintah menyediakan APD standar kepada seluruh tenaga kesehatan. Walaupun para tenaga kesehatan tersebut tidak termasuk dalam rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

Lebih lanjut, Hidayat menuturkan dokter umum, dokter gigi, perawat dan petugas administrasi di RS non rujukan perlu disiapkan APD standar kesehatan, seperti baju hazmat, pelindung wajah, masker dan sarung tangan.

"Negara wajib melindungi kebutuhan dasar para pekerja yang tetap melayani masyarakat saat PSBB, baik dari sisi keuangan maupun kesehatan. Risiko mereka untuk bekerja melayani masyarakat di saat seperti ini tentu sangat tinggi," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top