Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Soeharto (paling kiri) tengah mencoba mobil Timor pemberian Hutomo Mandala Putra (paling kanan) yang diperuntukkan bagi Kepolisian Daerah Metro Jaya, pada Senin (27/2 - 1996) di Gedung Bina Graha, Istana Negara, Jakarta.
Premium

Historia Bisnis: Bakrie hingga Ciputra Mundur, Tommy Coba Wujudkan Harapan Jatim

06 April 2020 | 13:45 WIB
Sudah lebih dari 10 tahun proyel air baku di Umbulan tak juga dilirik swasta. Pasalnya, ada beda konsep antara pemerintah dan pihak swasta, mulai dari Bakrie hingga Ciputra. Namun, Tommy, melalui salah satu perusahaannya mencoba masuk.

Bisnis.com, JAKARTA - Air bersih. Sepertinya barang itu cukup diidamkan masyarakat Jawa Timur (Jatim) pada awal dekade 1996, khususnya di daerah pesisir dan Madura. Pasalnya, pada tahun itu, Gubernur Jatim, Basofi Soedirman, sangat berharap tersedianya air bersih di daerah yang disebut di atas.

“Proyek ini mendesak digarap. Sebab, tertundanya proyek ini juga berarti penundaan masyarakat Jatim memperoleh air bersih,” kata Basofi.

Adalah proyek air baku Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur, proyek yang dimaksud Basofi. Umbulan dapat menjadi tulang punggung penyediaan air bersih di sejumlah daerah utara jawa Timur hingga Madura. Pasalnya, mata air Umbulan memiliki debit air 4.000 liter per detik.

Maka tak heran jika sejumlah pihak berpikir bahwa Umbulan bakal menjadi proyek yang menguntungkan secara materi. Sejumlah konglomerat pun kepincut untuk menggarap proyek tersebut.

Sebut saja Keluarga Bakrie, PT Bimantara Siti Wisesa (milik Keluarga Cendana, Bambang Trihatmojo), hingga Ciputra Grup sempat tertarik menggarap proyek ini. Itu belum termasuk PT Himpurna Ruba dan PT Krakatau Engineering.

Masalahnya, Pemerintah Provinsi Jatim enggan memberikan proyek tersebut jika pemenang hanya memikirkan keuntungan. Adalah Pasal 33 dalam Undang-undang Dasar 1945 yang menjadi dasar dari Pemprov Jatim meminta pemenang proyek tak hanya memikirkan “ketebalan dompet” semata.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top