Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 3 Persen Jika Pandemi Berakhir Kuartal Depan

Berapa negara sudah memperkirakan terjadi resesi akibat pandemi virus corona (Covid-19). Namun, Indonesia diproyeksi masih bisa mencetak pertumbuhan ekonomi 3 persen bila pandemi berakhir pada kuartal II/2020.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  19:34 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyakasikan Jusuf Kalla dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mempraktikkan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyakasikan Jusuf Kalla dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mempraktikkan "salam Corona" di Kantor Wapres Jakarta, Kamis (12/3/2020). - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bisa mencapai 2,5 persen hingga 3 persen (year on year). pada

Sri Mulyani menyebut, angka pertumbuhan tersebut bisa tercapai dengan catatan apabila wabah virus corona (Covid-19) berhenti pada kuartal II/2020.

Proyeksi pertumbuhan ini jauh di bawah asumsi makro APBN 2020 yang mematok pertumbuhan ekonomi di angka 5,3 persen (yoy). Meski demikian, bila dibandingkan dengan negara lain, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik. 

Banyak negara yang telah memastikan ekonomiya akan mengalami resesi pada 2020 ini, yang menjadi pertanyaan hanyalah apakah kontraksi pertumbuhan ekonominya hanya satu digit atau mencapai dua digit.

Contohnya, Italia sudah dipastikan resesi dan mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi hingga dua digit. "Resesinya mereka dalam sekali, mereka terus berkonsolidasi untuk memperbaiki respon kesehatan dan ekonomi mereka," ujar Sri Mulyani, Selasa (24/3/2020).

Dia mengungkapkan bahwa yang dihadapi dunia saat ini bukanlah krisis ekonomi, melainkan krisis kesehatan dan kemanusiaan. "Ekonomi bisa saja kontraksi, tapi bukan berarti krisis," ujarnya.

Saat ini, semua negara sedang berupaya untuk mencegah krisis kesehatan dan kemanusiaan ini menjalar ke aspek-aspek dan menyebabkan krisis ekonomi, sosial, dan keuangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi sri mulyani Virus Corona
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top