Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi Alokasikan Rp50 Triliun Dana KUR Buat Petani

Presiden Joko Widodo sepakat mengalokasikan Rp50 triliun dari kredit usaha rakyat (KUR) untuk sektor pertanian. Dia meminta para petani memanfaatkan hal tersebut.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  11:30 WIB
Kredit Usaha Rakyat - Istimewa
Kredit Usaha Rakyat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo sepakat mengalokasikan Rp50 triliun dari kredit usaha rakyat atau KUR untuk sektor pertanian. Dia meminta para petani memanfaatkan hal tersebut.

Presiden meminta petani merancang satu rencana bisnis dengan kalkulasi yang baik. Para petani juga harus menunjukkan usahanya dikelola dengan cara-cara modern.

"Sehingga memberi kepercayaan kepada perbankan bahwa pertanian memang bisa menghidupi kita dan pertanian juga bisa jadi tumpuan bagi ekonomi negara kita," kata Presiden dalam pembukaan Asian Agriculture and Food Forum 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Jokowi menjelaskan bahwa sektor pertanian memiliki peran penting. Kontribusinya dalam pembangunan ekonomi terbilang besar, baik terkait ekspor maupun dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sektor pertanian ikut pula berkontribusi dalam penyediaan pangan. Ketersediaan pangan ini dapat mendorong tingkat kesehatan yang lebih baik, sehingga mampu meningkatkan produktivitas bangsa dan negara.

Oleh karena itu, kata Presiden, pekerjaan yang terkait pertanian harus dikerjakan secara komprehensif dari hulu ke hilir. Akses kepada pembiayaan menjadi satu cara untuk meningkatkan kapasitas para petani.

Tahun ini pemerintah kembali menurunkan suku bunga KUR menjadi 6 persen, dengan peningkatan plafon dari Rp140 triliun menjadi sekitar Rp190 triliun.

Sementara itu realisasi KUR periode Januari-Desember 2019 mencapai Rp139,5 triliun atau 99,6 persen dari target Rp140 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kredit usaha rakyat petani
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top