Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Corona, Lion Air Group Sterilkan Pesawat

Departemen Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Lion Air Group, telah mengimplementasikan yang dilakukan oleh seluruh unit terkait untuk menjalankan rekomendasi yang disampaikan.
Ilustrasi - Fasilitas MRO Batam Aero Technic (BTA) di Batam./Bisnis-Youtube
Ilustrasi - Fasilitas MRO Batam Aero Technic (BTA) di Batam./Bisnis-Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Lion Air Group melakukan bersih-bersih pesawat untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) dan memberikan kenyamanan kepada penumpangnya.

Communications Strategic of Lion Air Group Danang M. Prihantoro mengatakan hal itu terkait dengan upaya dalam mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).

"Kami menjalani fase pengerjaan yang meliputi pembersihan pesawat, sterilisasi, penyemprotan, penggantian saringan udara kabin, kebersihan kabin, kokpit dan kompartemen kargo," kata Danang dalam siaran pers, Jumat (6/3/2020).

Pihaknya menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, sarung tangan (hand gloves) dan cairan/ gel pembersih tangan (hand sanitizer) guna tindakan preventif dengan mengutamakan kesehatan.

Seluruh Departemen Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Lion Air Group, lanjutnya, telah mengimplementasikan yang dilakukan oleh seluruh unit terkait untuk menjalankan rekomendasi yang disampaikan.

Dia menjelaskan proses sterilisasi juga dilakukan ke pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) untuk melakukan proses penyemperotan kembali (re-desinfectant), serta dijadwalkan untuk pengerjaan perawatan pesawat berkala (schedule maintenance). Proses re-desinfectant dilakukan melalui beberapa tahapan dalam pengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan, dibawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Proses pergantian High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter yang digunakan sebagai alat penyaring sirkulasi udara di dalam pesawat, imbuhnya, dilakukan oleh Batam Aero Technic sesuai dengan anjuran pabrikan pesawat. Adapun, dalam melakukan proses pergantian, petugas telah diberikan pengetahuan mengenai keselamatan dan telah melakukan tes kesehatan, serta melakukan vaksinasi.

Seluruh prosedur yang dilakukan telah mengikuti aspek keselamatan yang dapat membantu untuk melaksanakan seluruh tahapan sampai selesai. Pelaksanaan proses dan prosedur sterilisasi dilakukan guna memastikan keselamatan penerbangan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper