Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR: Benahi Akses Pelabuhan, Proyek TOD MRT Tunggu Restu Anies

Berita mengenai daya saing logistik dan rencana pembangunan proyek kawasan berorientasi transit (TOD), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (13/2/2020).
Bisnis Indonesia Edisi 13 Februari 2020
Bisnis Indonesia Edisi 13 Februari 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai daya saing logistik dan rencana pembangunan proyek kawasan berorientasi transit (TOD), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (13/2/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Benahi Akses Pelabuhan. Keterbatasan akses dari dan menuju empat pelabuhan utama di Indonesia membuat aktivitas ekspor dan impor kerap didera kongesti. Pembenahan perlu dilakukan untuk memacu daya saing logistik sekaligus mendongkrak kinerja dagang.

Impor Gula Demi Keamanan Stok? Bayang-bayang defisit neraca gula pada tahun ini menuntut antisipasi segera dari pemerintah terhadap kebutuhan impor gula kristal putih. Secara lebih mendasar, tantangan stabilisasi harga gula pada 2020 terlihat bakal lebih banyak berasal dari dalam negeri.

Memburu Objek Cukai Baru. Upaya ekstensifikasi cukai segera terealisasi menyusul adanya kekuasaan penuh pemerintah dalam menentukan objek cukai baru tanpa persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat. Langkah ini sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap cukai hasil tembakau.

Xi Jinping Yakin China Bangkit. Di tengah keraguan pasar mengenai nasib ekonomi China tahun ini, Presiden Xi Jinping mengungkapkan optimismenya bahwa negara di Asia Timur ini akan bangkit dari pukulan wabah virus corona.

Proyek TOD MRT Tunggu Restu Anies. Rencana pembangunan proyek kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) di stasiun Moda Raya Terpadu belum diawali lantaran menunggu persetujuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ciptaker Datang, Cilaka ‘Hengkang’. Dewan Perwakilan Rakyat resmi menerima Rancangan Undang-Undang Omnibus Law tentang Cipta Kerja. Penyerahan RUU itu diwarnai dengan aksi sejumlah elemen buruh dan masyarakat yang menggelar demonstrasi di sekitaran gedung parlemen dan sejumlah daerah.

Bank Di Asia Perlu Berbenah. Industri perbankan di Asia, termasuk Indonesia, perlu berbenah secara radikal menghadapi tantangan serius perlambatan pertumbuhan kinerja, seiring dengan tekanan perekonomian global serta persaingan sengit di era digital.

Jurus Dongkrak Industri Baja. Berbagai jurus mulai ditempuh pemerintah untuk mendongkrak daya saing industri baja nasional, seperti upaya menekan tarif energi, pelonggaran ketentuan impor skrap, hingga pengecualian slag dari daftar limbah berbahaya dan beracun.

Stok Ritel Mulai Menipis. Kebijakan penyetopan penerbangan dari dan ke China mulai berdampak signifikan terhadap kelangsungan pasokan industri ritel modern di Tanah Air.

Sederet Merek Baru Siap Invasi. Sederet merek baru akan memulai debut di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, sebagai titik awal untuk berlaga memperebutkan kue pasar Indonesia yang makin seksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper