Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rute ke China Ditutup, 20 Slot Penerbangan dari Cengkareng Kosong

Akibat penundaan penerbangan dari dan ke China sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau 2019 n-CoV, Bandara Soekarno-hatta ada 20 slot penerbangan kosong yang butuh segera diisi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 08 Februari 2020  |  16:41 WIB
Bandara Soekarno Hatta di Tangerang. - Bisnis.com
Bandara Soekarno Hatta di Tangerang. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Akibat penundaan penerbangan dari dan ke China sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau 2019 n-CoV, Bandara Soekarno-hatta ada 20 slot penerbangan kosong yang butuh segera diisi.

Presiden Direktur Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menjelaskan sejak diberlakukannya penutupan sementara tersebut ada sejumlah slot jadwal penerbangan yang kosong.

"Sejak diberlakukan malah ada 16-20 slot penerbangan yang kosong, sehingga kalau kami melihat maskapai sendiri ada tiga maskapai domestik yang terbang ke china, Garuda, Lion Air, Batik air," paparnya kepada Bisnis, Jumat (7/2/2020).

Selain ketiga maskapai tersebut, ada Citilink dan Sriwijaya yang menerbagi rute ke China dengan penerbangan charter atau sewa khusus. Terdapat pula maskapai asal China yang turut melayani rute Indonesia-China, diantaranya Air China, China Airlines, China Southern dan China Eastern.

Dengan demikian, ada 14 destinasi dari Jakarta dan titik-titik kota ke China dengan 14 destinasi penerbangan ke China di luar Makau dan Hongkong.

Dia pun memastikan tidak adanya pesawat China yang parkir di Indonesia, dimana pesawat asal China langsung dipulangkan sebelum pemberlakukan penundaan sementara penerbangan Indonesia-China.

"Kalau pesawat domestik bisa ganti ke destinasi domestik, luar negeri negara lain selain china, khususnya untuk Garuda, Lion Air, dan Batik Air, karena mereka mengatur pengalihan ke rute-rute di domestik juga masih bisa," katanya.

Dia mengakui guna menutupi kerugian, pihaknya sudah menghimbau kepada para maskapai mengisi slot kosong tersebut dengan rute baru atau penambahan frekuensi rute yang sudah ada.

"Alternatif destinasi tujuan baru pengganti kota-kota di China kami usulkan Asia Barat, seperti India, Pakistan, Srilangka, Bangladesh, Nepal, termasuk Maladewa karena daerah wisata, kemudian juga Istanbul, Turki. Nah yang cukup masih menarik adalah Australia," urainya.

Dia juga menawarkan sebuah mekanisme khusus kepada maskapai untuk mengisi slot kosong dalam periode penundaan penerbangan ke China tersebut. Pasalnya, penundaan penerbangan ini tidak ditentukan batasan waktunya, sehingga berbagai kemungkinan masih dapat terjadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno hatta
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top