Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - ANTARA
Premium

100 Hari Jokowi, Ini Kinerja Kementerian di Bawah Koordinasi Luhut

31 Januari 2020 | 16:44 WIB
Tak terasa, sudah 100 hari pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin berlangsung. Sejumlah kementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengklaim ada 33 poin yang sudah berhasil dicapai.

Bisnis.com, JAKARTA — Ada sejumlah hal yang menjadi perhatian utama pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Selain realisasi investasi dan ekspor, infrastruktur adalah sektor yang terus digenjot.

Jokowi memang sudah berjanji akan terus mendorong pembangunan infrastruktur dalam 5 tahun ke depan, mengikuti pencapaian 5 tahun ke belakang. Selain infrastruktur untuk transportasi, juga yang terkait dengan pengembangan sektor pariwisata. Maklum, devisa dari pariwisata telah menjadi andalan baru dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, setelah komoditas tambang tak lagi menjanjikan.

Tak terasa, pemerintahan periode kedua Jokowi sudah melewati 100 hari. Namun, dia tampaknya enggan berkomentar mengenai pencapaian dalam 100 hari pertama ini.

“Oh ya tapi kan sudah saya sampaikan sejak awal tidak ada 100 hari, karena ini keberlanjutan dari periode pertama ke kedua. Ini terus ini. Enggak ada ini berhenti, terus mulai lagi. Enggak ada. Ini terus,” kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Integrasi Riset dan Inovasi Indonesia di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Dia pun menyatakan hal tersebut seharusnya ditanyakan kepada para menterinya karena dirinya sudah memberikan target-target terkait tugas yang diemban para pembantunya. Menurut Jokowi, dirinya sudah memberikan Key Performance Indicator (KPI) yang konkret kepada tiap menteri.

Lalu, apa saja realisasi kinerja para menteri Jokowi? Untuk kementerian di bawah Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi misalnya, ada 33 poin yang disebut menjadi pencapaian kinerja setelah lebih 3 bulan bekerja. Berikut poin-poinnya:

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top