Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Tuntaskan Rampchek 200 Unit Pesawat Jelang Libur Akhir Tahun

Kemenub akan menyelesaikan rampcheck 200 unit pesawat secara acak dari total 495 unit pesawat yang dioperasikan pada masa periode Natal dan Tahun Baru 2019/2019. 
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Desember 2019  |  02:05 WIB
Kemenhub Tuntaskan Rampchek 200 Unit Pesawat Jelang Libur Akhir Tahun
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri) memaparkan persiapan Nataru di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (11/12/2019) - Bisnis.com/Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG -- Kementerian Perhubungan akan menyelesaikan rampcheck sebanyak 200 unit pesawat secara acak dari total 495 unit pesawat yang dioperasikan pada masa periode Natal dan Tahun Baru 2019/2019. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rampcheck tersebut ditargetkan selesai pada 20 Desember 2019 pada 32 titik bandara.

Tujuan rampcheck adalah untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan. 

"Dari laporan yang masuk hampir 500 unit pesawat, hingga saat ini sudah 50 unit sudah rampcheck. Paling enggak nanti 20 Desember, sudah 200 unit yang di-rampcheck secara acak," kata Budi usai meninjau persiapan Nataru di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (11/12/2019).

Dia menambahkan rampcheck yang utama adalah bagian roda dan beberapa komponen lain seperti pengatur keseimbangan, kecepatan, maupun memastikan ketersediaan pasokan oksigen dalam kabin pesawat. 

Biasanya, rampcheck secara acak dilakukan terhadap 1/3 total unit pesawat yang dioperasikan. Kemenhub juga meminta maskapai melakukan rampcheck secara internal agar pengawasan benar-benar akurat.

Rampcheck adalah kegiatan inspeksi pesawat udara di ramp area (parkir pesawat) oleh Ditjen Perhubungan Udara selaku otoritas penerbangan sipil di Indonesia untuk memastikan pesawat udara beserta kri memenuhi syarat-syarat kelaikudaraan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

Rampcheck dilakukan oleh inspektur penerbangan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat Kemenhub ramp check
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top