Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam Komit Terus Tingkatkan Pendapatan Negara

PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam menyatakan komitmennya untuk terus membayarkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tepat waktu.
Dirjen Minerba menyerahkan Subroto Award kepada Perusahaan pemberi PNBP terbesar di Sektor Pertambangan.
Dirjen Minerba menyerahkan Subroto Award kepada Perusahaan pemberi PNBP terbesar di Sektor Pertambangan.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam menyatakan komitmennya untuk terus membayarkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tepat waktu. Tahun lalu, perusahaan membayarkan Rp576 miliar untuk PNBP.

Komitmen Antam terkait kepatuhan membayar PNBP tepat waktu membuat perusahaan meraih apresiasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di ajang Subroto Award pada 12 November 2019, sebagai salah satu pemberi PNBP terbesar di sektor pertambangan.

Selain itu, Antam juga masuk ke dalam nominasi perusahaan dengan pembayaran PNBP terbaik, perusahaan dengan pembayaran PNBP terbesar, dan perusahaan tambang yang melaksanakan hilirisasi terintegrasi terbaik dari Indonesian Mining Association (IMA).

Dimas Wikan Pramudhito, Direktur Keuangan Antam, mengatakan bahwa apresiasi yang diberikan oleh para pemangku kepentingan menunjukkan kuatnya komitmen perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran PNBP.

“PNBP diperhitungkan sebagai salah satu penerimaan negara dalam APBN selain pajak. Dengan begitu, Antam ikut berpartisipasi dalam pencapaian pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan nasional, dan mendukung tercapainya tujuan stabilitas perekonomian,” katanya.

Dimas menuturkan, Antam berkomitmen untuk terus mendistribusikan manfaat ekonomi secara langsung dan tidak langsung kepada seluruh pemangku kepentingan.

Menurutnya, Antam meyakini kinerja operasional dan keuangan yang baik akan berbanding lurus dengan kontribusi perusahaan. Selain itu, perusahaan juga akan terus melakukan pembangunan berkelanjutan yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain berkontribusi melalui PNBP, tahun lalu juga Antam membayar pajak, royalti, bea keluar, bea masuk, land rent, dan dividen dengan total mencapai Rp1,17 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 47% dibandingkan 2017.

Sementara itu, kontribusi kepada masyarakat melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan pada 2018 mencapai Rp258 miliar, yang disalurkan untuk program community development, kemitraan, dan bina lingkungan.

Adapun sepanjang Januari—September 2019, Antam mencatatkan realisasi PNBP senilai Rp449 miliar dan realisasi pembayaran pajak Rp472 miliar, sehingga total kontribusi perusahaan kepada negara melalui PNBP dan pajak mencapai Rp922,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper