Ekonom Waspadai Transisi Masif di Sektor Energi

Sejumlah ekonom memprediksi akan terjadi transisi masif di sektor energi. Hal itu ditandai dengan adanya kondisi yang serba tidak pasti di negara berkembang dan maju.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah ekonom memprediksi akan terjadi transisi masif di sektor energi. Hal itu ditandai dengan adanya kondisi yang serba tidak pasti di negara berkembang dan maju.

“Industri energi saat ini semakin tidak terprediksi baik untuk negara berkembang secara ekonomi maupun yang mapan. Ketidakpastian sekarang 2,5 kali lebih tinggi dalam hal kebijakan, ekonomi, geopolitik, teknologi, dan masa depan energi,” kata Senior Director BCG Center for Energy Impact, Jamie Webster dalam Pertamina-BCG Economist Forum 2019 di Jakarta, Selasa (19/11).

Webster mengatakan bahwa dengan tingkat ketidakpastian yang tinggi, maka para pelaku di sektor energi juga harus bersiap untuk beberapa hal. Pertama, persiapkan diri untuk menghadapi perubahan yang tidak terprediksi.

Kedua, bersiap bahwa harga bisa naik turun tanpa bisa diprediksi. Ketiga, persiapkan perusahaan untuk bisa mengikuti perubahan secara konstan dan berkomitmen untuk investasi di teknologi baru. Keempat, bersiap bahwa akan ada transisi energi yang cukup besar.

Pertamina-BCG Economist Forum 2019 merupakan rangkaian dari Pertamina Energy Forum sebagai forum energi terbesar di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 26—27 November 2019 di Hotel Raffles Jakarta.

SVP Corporate Strategic Planning & Development Pertamina Daniel S. Purba mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut Pertamina melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah ekonom dari 15 institusi ekonomi yang ada di dalam negeri untuk melihat sejauh mana perkembangan energi secara global dan relevansinya dengan Indonesia.

“Sebagai pelaku di sektor energi, Pertamina terus mengamati perkembangan yang terjadi di bidang ekonomi dan energi baik secara global, regional, maupun nasional. Kami sangat berkepentingan untuk mengetahui apa yang terjadi,” katanya.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa Pertamina Energy Forum pekan depan akan menghadirkan 18 narasumber yang merupakan para ahli di bidangnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Para narasumber tersebut akan mengisi  lima panel besar yang dilaksanakan selama 2 hari. Mereka akan memaparkan perkembangan terbaru dari industrinya masing-masing, dan pengaruhnya terhadap sektor energi di Indonesia,” ujarnya.

Beberapa narasumber yang akan hadir dalam Pertamina Energy Forum adalah Managing Director Upstream  IHS Markit Nick Sharma, Managing Director of BYD Malaysia/Indonesia Eagle Zhao, Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie, Chief Operating Officer GOJEK Hans Patuwo, dan Sandeep Biswas dari AT Kearney.

“Mereka adalah top rank di bidangnya, dan kami mengundang para stakeholder di bidang energi untuk berdiskusi aktif dalam Pertamina Energy Forum 2019,” ucapnya.

Pertamina Energy Forum 2019 terbuka untuk dihadiri oleh umum dengan melakukan pendaftaran melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play maupun Apps Store. Untuk informasi selengkapnya, calon peserta dapat mengetahuinya melalui tautan www.pertamina.com/pef2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper