Forum Bisnis RI–Amerika Latin & Karibia Hasilkan Komitmen Investasi US$5 Miliar

Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (Indonesia-Latin America and the Caribbean Business Forum/INA-LAC) menghasilkan komitmen investasi di bidang pertambangan senilai US$5 miliar atau setara dengan Rp70 triliun untuk periode 5 tahun ke depan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  20:29 WIB
Forum Bisnis RI–Amerika Latin & Karibia Hasilkan Komitmen Investasi US$5 Miliar
Ilustrasi investasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA --  Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (Indonesia-Latin America and the Caribbean Business Forum/INA-LAC) menghasilkan komitmen investasi di bidang pertambangan senilai US$5 miliar atau setara dengan Rp70 triliun untuk periode 5 tahun ke depan.

Selain itu, juga dicatat potensi kesepakatan dagang senilai Rp463,68 miliar atau lebih dari US$33,12 juta di sektor kecantikan, makanan minuman, suku cadang, produk karet dan furnitur melalui forum yang diselenggarakan yang diselenggarakan pada 14--15 Oktober 2019 di Tangerang, Banten itu.

Plt. Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan forum ini juga menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu kerja sama fasilitasi ekspor-impor antara LPEI/ Bank Exim Indonesia dengan Bancoldex Kolombia.

Kemudian forum ini juga menandai dimulainya dialog menuju pembentukan perjanjian perdagangan RI-MERCOSUR, pembahasan kerangka acuan kerja (term of reference/TOR) perundingan Partial Trade Agreement RI-Kolombia, serta kerja sama teknik dan pembangunan kapasitas masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Belize, Panama, dan Suriname.

Sebagai catatan, MERCOSUR merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara Amerika Selatan yang terdiri dari Brasil, Paraguay, Uruguay dan Venezuela.

"Sejauh ini, Indonesia tercatat baru memiliki satu perjanjian perdagangan dengan negara di kawasan yaitu Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Chile (ditandatangani pada Desember 2017)," kata Faizasyah dalam siaran pers yang diterima oleh Bisnis.com pada Selasa (15/10/2019).

Selain itu, menurut Faizasyah telah dicapai pula kesepakatan kerja sama antara LPEI dengan Bancomext Meksiko (ditandatangani tahun 2013), serta kerja sama antar KADIN RI-Meksiko (ditandatangani 2018). Indonesia juga tercatat sedang menginisiasi negosiasi perdagangan dengan Peru, Ekuador, Kolombia, Meksiko, dan Panama.  

Keseluruhan pencapaian dalam INA-LAC merupakan perwujudan komitmen untuk menerjemahkan hubungan baik antara Indonesia dengan kawasan Amerika Latin dan Karibia ke dalam kerja sama ekonomi yang konkret dan saling menguntungkan.

Pelaksanaan INA-LAC 2019 sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor dengan pasar non-tradisional Indonesia.

“Hasil dari Forum ini akan terus ditindaklanjuti pada 2020 dan tahun-tahun berikutnya serta akan menjadi program kegiatan Ditjen Amerika dan Eropa Kemenlu."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
investasi

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top