Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Disrupsi Digital Ritel Modern, Gramedia Luncurkan Gramedia GO

PT Gramedia Asri Media selaku pemilik jaringan toko buku Gramedia mulai mengembangkan strategi pemasaran multikanal atau omnichannel untuk menghadapi perubahan lanskap bisnis ritel modern akibat disrupsi digital.
Aplikasi Gramedia Go/Bisnis-Rezha Hadyan
Aplikasi Gramedia Go/Bisnis-Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Gramedia Asri Media selaku pemilik jaringan toko buku Gramedia mulai mengembangkan strategi pemasaran multikanal atau omnichannel untuk menghadapi perubahan lanskap bisnis ritel modern akibat disrupsi digital.

Adapun, strategi tersebut diwujudkan melalui peluncuran Gramedia GO pada Senin (14/10/2019) di toko Gramedia Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan. Gramedia GO merupakan pengembangan dari layanan penjualan secara daring yang sudah dilakukan sebelumnya melalui laman web www.gramedia.com dan aplikasi Gramedia yang tersedia untuk ponsel pintar berbasis Android dan IOS.

Operation Director PT Gramedia Asri Nusantara V, Sugiarto menyebut terdapat dua layanan baru yang ditawarkan melalui Gramedia GO, yakni Pick Up in Store dan Order from Store.

Melalui layanan Pick Up in Store pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui laman web atau aplikasi kemudian mengambil buku yang telah dipesan di toko Gramedia yang diinginkan. Namun, untuk saat ini layanan ini baru tersedia di toko Gramedia Matraman, Jakarta Timur saja.

“Layanan Pick Up in Store ini efektif dan efisien bagi pelanggan yang ingin memangkas biaya kirim barang,” katanya.

Menurut Sugiarto, layanan Order from Store pelanggan dapat melakukan pemesanan dan transaksi secara langsung di toko Gramedia. Kemudian buku yang telah dipesan akan dikirimkan ke alamat pelanggan menggunakan kurir. Layanan ini dapat dilakukan di 119 toko Gramedia yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Dengan lebih dari 25.000 judul buku yang dimiliki Gramedia GO maka koleksi buku di setiap toko Gramedia menjadi sama dan mudah diakses, sehingga layanan ini membantu pelanggan mendapatkan buku yang diinginkan ketika tidak tersedia di toko Gramedia yang ada di tempat dia berada,” ujarnya.

Untuk saat ini, menurut Sugiarto Gramedia GO hanya bisa digunakan untuk melakukan pemesanan buku saja. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya Gramedia GO bisa digunakan untuk memesan produk-produk non buku berupa alat tulis, alat olahraga, alat musik, perangkat elektronik, hingga aksesoris yang saat ini dijual di toko Gramedia.

“Kemungkinan [demikian], karena saat ini porsi produk buku dan non buku sudah sama, 50% buku dan 50% non buku,” ungkapnya.

Kemudian Sugiarto menjelaskan tidak ada perbedaan harga buku yang dijual melalui Gramedia GO dengan buku yang dijual secara langsung di toko Gramedia. Selain itu, tidak ada perbedaan harga buku antarwilayah seperti yang selama ini diterapkan di toko Gramedia.

“Seluruh Indonesia harganya sama, menggunakan harga Jakarta, perbedaan hanya pada ongkos kirimnya saja, semakin jauh dari Jakarta semakin mahal. Ke depannya untuk hub pengiriman akan kami tambah di Surabaya dan Makassar juga untuk mengurangi ongkos kirim ke wilayah yang jauh dari Jakarta,” paparnya.

Lebih lanjut Sugiarto mengatakan untuk pengiriman buku yang dipesan melalui Gramedia GO pihaknya bekerjasama dengan KGXpress, perusahaan layanan pengiriman yang juga tergabung dalam Kompas Gramedia Group. Dirinya menjamin buku yang dipesan melalui Gramedia GO akan sampai di alamat pelanggan paling lambat 3 hari setelah transaksi selesai untuk wilayah selain Jabodetabek.

Adapun untuk Jabodetabek, buku yang dipesan hanya membutuhkan waktu 1 hari untuk bisa sampai di alamat pelanggan.

Sugiarto menambahkan pihaknya saat ini memberikan promosi berupa gratis biaya pengiriman sampai dengan Rp10 ribu untuk setiap transaksi melalui GramediaGO. Promosi tersebut diberikan tanpa batas minimum transaksi dan berlaku di seluruh toko Gramedia hingga 31 Oktober 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper