Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sri Mulyani: E-Commerce Permudah Pembayaran Pajak

Kementerian Keuangan menyebut inovasi platform bisnis e-commerce selain bermanfaat untuk bisnis secara umum, juga terbukti mampu mambantu memangkas proses birokrasi pemerintah dan mempermudah masyarakat membayar pajak.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  23:59 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan konferensi pers APBN KiTa di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (16/5/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan konferensi pers APBN KiTa di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (16/5/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan menyebut inovasi platform bisnis e-commerce selain bermanfaat untuk bisnis secara umum, juga terbukti mampu mambantu memangkas proses birokrasi pemerintah dan mempermudah masyarakat membayar pajak.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sebuah acara yang dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Jumat (11/10/2019).

“Waktu saya menyampaikan di publik bahwa saya menginginkan membayar pajak semudah atau lebih cepat dari membeli pulsa, immediately saya mendapatkan response tawaran untuk kerjasama dalam waktu yang begitu cepat. Sekarang, saya sudah mendapatkan laporan orang bisa bayar pajak secara cepat semudah beli pulsa melalui Tokopedia atau platform yang lain,” kata Sri Mulyani.

Menkeu mengatakan sebelum adanya kemajuan teknologi digital yang sangat cepat, pemerintah harus melakukan proses birokrasi yang panjang dan rumit sebelum suatu kebijakan dapat diimplementasikan di masyarakat.

Pertama, membuat keputusan Menteri Keuangan menyusun tim untuk mengkaji. Setelah itu tim pengkaji akan melakukan studi banding.

Kedua, mereka akan melihat ke berbagai company. Sesudah itu studi banding ke luar negeri. Kemudian balik lagi mereka melakukan mid-report. Enam bulan kemudian baru memberikan presentasi.

Bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan adanya teknologi digital telah membantu semua pihak termasuk pemerintah memangkas proses birokrasi dan melakukan bisnisnya lebih efektif, efisien dan tepat waktu bagi sebesar kemakmuran rakyat.

“Jadi, ini menggambarkan betapa digital teknologi can deliver solution dalam waktu yang begitu sangat cepat,” kata Menkeu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak e-commerce
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top