Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pejabat BUMN Terbelit Korupsi, Sri Mulyani : Mereka Pengkhianat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut tindakan pejabat-pejabat Badan Usaha Milik Negara yang terlibat kasus korupsi sebagai pengkhianatan bagi negara.
Menteri Keuangan Sri Mulyani/Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Menteri Keuangan Sri Mulyani/Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut tindakan pejabat-pejabat Badan Usaha Milik Negara yang terlibat kasus korupsi sebagai pengkhianatan bagi negara.

Menurut Sri Mulyani, banyaknya pejabat BUMN yang menjadi tersangka kasus korupsi akan berdampak negatif bagi pegawai-pegawai BUMN yang berkomitmen menjalankan tugasnya secara transparan. Hal ini juga akan menimbulkan persepsi bahwa seluruh instansi negara rentan korupsi. 

"Untuk para pegawai yang jujur, ini merupakan sebuah bentuk pengkhianatan bagi mereka. Bukan tidak mungkin reputasi mereka juga akan menjadi negatif akibat tindakan atasannya. Para pegawai yang bekerja di instansi negara merupakan pengawal dan pelayan bagi rakyat, bukan untuk diri sendiri," kata Menkeu saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan pada Jumat (4/10/2019).

Menkeu mengatakan perlu ada upaya-upaya penguatan yang dilakukan baik pada tingkat perusahaan maupun pemerintah untuk memperkuat kontrol internal. Asas transparansi, akuntabilitas, serta check and balance perlu diterapkan pada upaya yang dilakukan. 

Selain itu, ia mengatakan integritas merupakan aspek terpenting yang patut dimiliki setiap pengelola uang negara. Apalagi, anggaran belanja negara selalu meningkat dari tahun ke tahun dan membuat sikap ini semakin vital dimiliki.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menuturkan kasus korupsi yang menimpa pejabat BUMN bukan merupakan masalah pada institusi BUMN melainkan masalah perilaku individu. BUMN, kata Rini, telah memiliki aturan jelas yang menekankan setiap proses bisnis harus berjalan transparan.

Rini melanjutkan, Kementerian BUMN juga telah menjalin kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi guna melakukan pengawasan dan pencegahan tindakan korupsi yang terjadi pada lingkungan BUMN. 

"Kami menganalisa calon pejabat seoptimal mungkin. Kami melihat kemampuan dan rekam jejak yang kami anggap baik. Tetapi, kami tidak mengetahui hati seseorang dan godaan apa yang membuat mereka melakukan itu [korupsi]," kata Rini saat ditemui di Istana Presiden, Kamis (3/9/2019). 

Rini menekankan pihaknya selalu melakukan tindakan tegas bila seorang pejabat BUMN terbukti korupsi dan menjadi tersangka. Hal tersebut dilakukan melalui pemberhentian pejabat tersebut secepatnya setelah terbukti terlibat dalam tindakan korupsi. 

Sebelumnya Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI Darman Mappangara ditetapkan sebagai tersangka kasus suap antar BUMN pada Rabu (2/10/2019).

Kasus tersebut melibatkan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I (AP II) Andra Agussalam dan Taswin Nur yang diduga KPK sebagai tangan kanan pejabat PT INTI. 

Andra yang juga ditetapkan sebagai tersangka diduga telah menerima suap berkaitan dengan proyek pengadaan Baggage Handling System (BHS) atau sistem penanganan bagasi pada enam bandara yang dikelola AP II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper