99 Persen Kebakaran Hutan dan Lahan Akibat Ulah Manusia

Hal ini diungkap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam rapat koordinasi khusus di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  20:58 WIB
99 Persen Kebakaran Hutan dan Lahan Akibat Ulah Manusia
Petugas Manggala Agni Daops Banyuasin berusaha memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Kayu Arehh, Kertapati Palembang, Sumatera Selatan, Minggu, (18/8/2019). - ANTARA/Ahmad Rizki Prabu

Bisnis.com, JAKARTA – Sumber masalah utama kabarkaran hutan adalah manusia, sebab mereka disinyalir menjadi penyebab utama kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini diungkap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam rapat koordinasi khusus di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Menkopolhukam Wiranto saat membuka rapat terlebih dahulu menyebut dari data BNPB, penyebab karhutla 99 persen karena faktor manusia dan 1 persen karena alam.

Doni membeberkan dari data yang BNPB kumpulkan, provinsi terdampak kebakaran hutan terbesar terjadi di Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Kemudian jumlah yang terbakar dari laporan periodik sesuai pantauan satelit hingga 31 Juli, sebanyak 135.000 hektare. Sementara itu, dari data SiPongi KLHK, pada hari ini terpantau ada 61 titik api di beberapa daerah.

“Seperti yang Bapak Menko sampaikan tadi, penyebab kebakaran 90 persen adalah manusia,” ujar Doni.

Dalam rakorsus yang digelar Menkopolhukam kali ini terfokus pembahasan untuk antisipasi puncak kemarau panjang pada Agustus dan September. Diharapkan titik api yang muncul di sejumlah daerah bisa dikurangi sebanyak mungkin.

Rakornas ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya.

Kemudian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kabarhakam Polri Komjen Condro Kirono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin, dan Kepala Badan Restorasi Gambut (GRB) Nazir Foead, dan perwakilan kementerian/lembaga terkait.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kebakaran hutan

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top