Bandara Soekarno-Hatta Siap Sambut Kepulangan 410 Jemaah Haji

Para jemaah haji pulang ke Indonesia menggunakan pesawat Saudian Airlines nomor SV 5606 melalui Bandara Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 18 Agustus 2019  |  12:17 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Siap Sambut Kepulangan 410 Jemaah Haji
Ilustrasi-Jemaah haji asal Kabupaten Banjarnegara melakukan sujud syukur saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (7/9). - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA--Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta akan menerima kedatangan 410 jemaah Haji.

Para jemaah haji pulang ke Indonesia menggunakan pesawat Saudian Airlines nomor SV 5606 melalui Bandara Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan pesawat mendarat pada pukul 22.10 WIB yang seharusnya tiba pada 21.50 WIB. OTP (on time performance) keseluruhan keberangkatan angkutan haji dari Bandara Soekarno Hatta adalah 89 persen dari 162 keberangkatan.

"Kami telah melakukan berbagai upaya persiapan untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan kedatangan para jemaah sampai di asrama haji berjalan dengan selamat, aman dan nyaman," kata Polana dalam siaran pers, Minggu (18/8/2019).

Polana menyebutkan pihaknya melakukan upaya terbaik agar pelaksanaan kedatangan jemaah haji dari 12 debarkasi haji di seluruh Indonesia berjalan dengan baik dan memberikan kenyamanan.

Polana  menambahkan terhadap semua pesawat yang digunakan melayani angkutan haji dilakukan ramp check untuk memastikan bahwa kondisinya laik.

"Saya menekankan sekali bahwa aspek keselamatan dalam dunia pelayanan angkutan penerbangan menjadi satu hal yang paling utama. Masyarakat sebagai pengguna telah mempercayai kita sebagai regulator dan telah mempercayai maskapai sebagai operator, jangan sampai kita mengecewakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta Herson memastikan kesiapannya dalam menyambut kepulangan jemaah dan memberi pelayanan terbaik. 

"Kami dari Otoritas Bandara, memonitor dan mengawasi setiap kedatangan dari setiap kloter kedatangan. Tidak ada kendala, tetapi biasanya [ada] delay yang akan mempengaruhi OTP," kata Herson.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jemaah haji

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top