KCI Segera Tambah 15 Perjalanan Lintas Jakarta Kota--Cikarang

VP Corporate Communication Kereta Commuter Indonesia Anne Purba mengatakan bahwa penambahan perjalanan KA tersebut bisa dilakukan tanpa harus mengadakan tambahan rangkaian atau kereta baru.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 14 Agustus 2019  |  15:59 WIB
KCI Segera Tambah 15 Perjalanan Lintas Jakarta Kota--Cikarang
Kereta rel listrik (KRL) Commuterline melintas di Stasiun Tanjung Barat yang berdekatan dengan lokasi pembangunan Transit Oriented Development (TOD) atau rumah susun terintegrasi dengan sarana transportasi di Jakarta, Kamis (11/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kereta Commuter Indonesia berencana menambah 15 perjalanan kereta rel listrik pada relasi Jakarta Kota-Cikarang, yang saat ini masih dalam proses perizinan di Kementerian Perhubungan. 

VP Corporate Communication Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan bahwa penambahan perjalanan KA tersebut bisa dilakukan tanpa harus mengadakan tambahan rangkaian atau kereta baru. Pihaknya hanya akan mengatur pola operasi kereta rel listrik (KRL) Commuter Line.

"Kami akan menambah frekuensi sebanyak 15 perjalanan. Kalau sudah keluar izin, nanti akan update," katanya, Rabu (14/8/2019).

Hingga Juli 2019, dia menambahkan armada KRL yang dimiliki KCI berjumlah 1.020 unit kereta dengan total 958 perjalanan. Dia mengaku siap untuk melayani tambahan perjalanan ke Cikarang.

Saat ini, wilayah operasional KCI terdiri atas 80 stasiun dengan panjang lintasan mencapai 413,5 km. Stasiun terbaru adalah Stasiun Telaga Murni di lintas Jakarta Kota-Cikarang yang telah diresmikan kemarin (14/8/2019).

Stasiun Telaga Murni telah menjalani tahap uji coba operasi sejak 18 Mei 2019. Stasiun ini melayani KRL Commuter Line relasi Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota PP. Stasiun yang terletak di Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi ini berada di antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang.

Sejak awal beroperasi hingga Juli 2019 ada 134.713 penumpang dengan volume tertinggi sebanyak 3.622 per hari pada 7 Juli 2019 atau rata-rata 2.000 penumpang per hari. Volume penumpang di lintas ini rata-rata ada 150.000 penumpang per hari.

Stasiun yang berada di dalam kompleks perumahan itu dilengkapi dengan satu unit lift dan dua unit eskalator yang berada di hall utama stasiun. Sementara itu, di area dalam stasiun juga tersedia dua unit lift dan dua unit eskalator yang masing-masing berada di peron arah Cikarang maupun arah Jakarta Kota.

Stasiun ini juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti pos kesehatan, ruang menyusui, musala, toilet, ruang administrasi stasiun, serta dilengkapi area parkir motor dan mobil.

PT KCI telah memenuhi fasilitas transaksi tiket dengan dibukanya 4 loket tiket, 1 loket fare adjusment, dan 7 gate elektronik. Para petugas pelayanan, penjualan, dan pengamanan juga telah ditempatkan di stasiun tersebut.

Sebanyak 165 perjalanan KRL per hari dilayani di lintas Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota, 35 perjalanan KRL diantaranya berhenti di Stasiun Telaga Murni.

"Kami menghimbau kepada seluruh pengguna jasa KRL untuk menjaga fasilitas stasiun dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak melakukan aksi vandalisme. Pengguna jasa juga diharapkan senantiasa mengikuti himbauan serta arahan petugas untuk kenyamanan dan keselamatan bersama," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
krl, pt kai

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top