Luhut Usul Pengadaan Kendaraan Listrik Pada APBN 2020

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berencana mengusulkan penggunaan kendaraan listrik saat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  19:16 WIB
Luhut Usul Pengadaan Kendaraan Listrik Pada APBN 2020
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan tiba di Djakarta Teater, Jakarta, Rabu (17/4/2019)./JIBI - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berencana mengusulkan penggunaan kendaraan listrik saat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020.

Pernyataan ini disampaikan Luhut saat menjadi Keynote Speaker saat gelaran Indonesiaisme Summit 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (13//8/2019).

Dia mengatakan jika memang diperbolehkan, pihaknya akan memberi usulan pengadaan kendaraan menggunakan kendaraan listrik. Percobaan tersebut dapat dimulai dari Jakarta.

"Kami sedang mengusulkan [pengadaan kendaraan listrik] kalau boleh nanti APBN tahun depan kalau sudah siap infrastrukturnya ya di Jakarta terutama," katanya, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, Jakarta layak menerapkan hal tersebut. Alasannya, kondisi cuaca di Jakarta kian parah belakangan ini. Bahkan 65 persen  polusi di Ibu Kota disebabkan oleh transportasi darat.

Di sisi lain, usulan tersebut akan menjadi upaya untuk mendukung teknologi dan inovasi dalam negeri. Salah satunya seperti Gesits, sepeda motor listrik buatan PT Gesits Technologies Indo.

Tidak hanya kendaraan, Luhut mengharapkan seluruh inovasi dalam negeri turut digunakan oleh pemerintah sendiri. Dengan begitu dukungan pemerintah terhadap berbagai karya anak bangsa dapat terlihat jelas. "[Kalau bisa] Wajibkan BUMN pakai teknologi itu. Kalau nggak kita mulai itu kapan lagi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik, Luhut Pandjaitan

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top