Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Green Fuel 100 Persen Bisa 2 Kali Lipat Solar

Harga green fuel 100% diprediksi bakal dua kali lipat dari harga solar saat ini karena proses kimia yang lebih panjang.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  16:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TANGERANG – Tingginya harga green fuel 100% menjadi salah satu tantangan di masa depan untuk pengembangan bahan bakar kendaraan niaga.

Harga green fuel 100% diprediksi bakal dua kali lipat dari harga solar saat ini karena proses kimia yang lebih panjang.

Marketing & Technical Support Manager PT Pertamina (Persero) Remigius Choerniadi Tomo mengatakan, terdapat banyak jenis green fuel salah satunya ialah yang dikenal dengan biodiesel. Saat ini, pemerintah tengah melakukan uji coba bauran biodiesel 30% akan belaku pada tahun depan.

"Biodiesel itu tidak bisa 100% gantikan solar, perlu campur sedikit demi sedikit, makanya ada B10, B20 dan B30," ujarnya kepada Bisnis di sela-sela GIIAS 2019, Rabu (24/7/2019).

Choerniadi menjelaskan, Pertamina bekerja sama dengan Eni, perusahaan migas asal Italia untuk menghasilkan bahan bakar dari tumbuh-tumbuhan yang identik dengan solar. Artinya, bahan bakar itu tidak perlu dicampur lagi tetapi langsung digunakan pada kendaraan.

Namun, terdapat satu tantangan utama penerapan teknologi itu yakni harga green fuel 100% itu akan jauh lebih mahal. Harga bahan bakar nabati ini, katanya, bisa dua kali lipat dibandingkan dengan yang ada saat ini.

"Proses kimia sangat panjang. Kalau biodiesel sekarang, tidak terlalu rumit. Kalau  yang identik dengan solar perlu reaksi lebih lanjut, reaksi kimianya lebih panjang makanya biayanya sangat mahal. Bisa dua kali lipat, itu kendalanya," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biofuel
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top