Dapat Titel Bali Baru, Saatnya Magelang Membenahi Pariwisata

Siapa yang tak kenal dengan Candi Borobudur yang merupakan salah satu situs warisan dunia kategori budaya UNESCO sejak 1991.
Yanita Petriella Yanita Petriella | 17 Juli 2019 18:45 WIB
Dapat Titel Bali Baru, Saatnya Magelang Membenahi Pariwisata
Sejumlah umat Budha mengikuti kirab saat prosesi kirab Waisak 2563 BE/2019 di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). Prosesi kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur yang diikuti oleh ribuan umat Budha itu menjadi rangkaian puncak peringatan Tri Suci Waisak 2019. - ANTARA / Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, JAKARTA — Siapa yang tak kenal dengan Candi Borobudur yang merupakan salah satu situs warisan dunia kategori budaya UNESCO sejak 1991.

Selama ini Candi Borobudur sering disangka sebagai destinasi wisata di Yogyakarta. Secara administratif, Borobudur berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Untuk menuju di Kabupaten Magelang memang membutuhkan perjuangan karena kabupaten ini tak memiliki bandara dan stasiun sendiri.

Dengan transportasi darat, para wisatawan dapat menggunakan kereta api yang berhenti di Stasiun Tawang Semarang maupun Stasiun Tugu Jogja. 

Selain moda transportasi kereta api, wisatawan bisa menuju ke Magelang dengan akses udara melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara New Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Adi Sumarno Solo, dan Bandara Jendral Ahmad Yani Semarang lalu menggunakan transportasi darat selama kurang lebih 3 hingga 4 jam. 

Memang, pemerintah kabupaten Magelang tengah memutar otak untuk mempromosikan  berbagai macam destinasi wisata yang ada di wilayah ini. Terlebih, Borobudur juga telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai salah satu destinasi super prioritas Bali Baru. 

Dengan luas yang mencapai 1,085,73 kilometer ini, Magelang memiliki 210 destinasi wisata baik atraksi budaya, alam, dan buatan yang dikemas dalam wisata petualangan dan sport tourism. Selain itu, Magelang juga memiliki 51 desa wisata dan sekitar 600 homestay milik warga. 

Tag : pariwisata
Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top