Pengembangan Green Biofuel Bisa Tambah Bauran EBT Sebesar 2 Persen

Biofuel diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan EBT karena pengembangannya berlandaskan pada tiga pilar, yaitu energy equity, energy security, dan energy sustainability.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 30 Juni 2019  |  20:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM menilai apabila pengembangan green biofuel berhasil dapat menambah bauran EBT sebesar 2 persen.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) F.X Sutijastoto menyatakan biofuel berbasis crude palm oil (CPO) merupakan salah satu harapan dan jalan keluar untuk mencapai target kontribusi EBTKE dalam bauran energi nasional sebesar 23 persen.

Biofuel diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan EBT karena pengembangannya berlandaskan pada tiga pilar, yaitu energy equity, energy security, dan energy sustainability.

“Di negara kita, aspek utamanya pada daya beli masyarakat sekarang itu dari segi listrik 50 persen untuk rumah tangga dengan golongan ekonomi lemah sekita 45-50 triliun, dengan memberikan tarif listrik agar energy security tercapai. Jika kita hanya peduli kepada energy affordability dibanding energy security dampaknya adalah kita mempunyai kendala untuk membangun infrastruktur yang lain,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Minggu (30/6/2019).

Menurutnya, potensi peningkatan bauran EBT dari pengembangan green biofuel akan semakin terbuka lebar jika semakin banyak pengembang berinvestasi di kilang.

Selain, pengembangan biofuel tidak hanya berfokus pada CPO tetapi juga bahan baku yang lain, seperti misalnya sorgum. Produktivitas sorgum mendekati tebu tapi perbedaannya panen tebu hanya setahun sekali sementara panen sorgum bisa tiga kali dalam setahun.

“Kelebihan lain dari sorgum adalah tidak terlalu membutuhkan air jadi lahan tandus pun bisa tumbuh,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ebt

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup