Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Putusan MK, KAI Daop 1 Jakarta Tidak Berhenti Operasi

PT KAI Daop 1 Jakarta tidak memberlakukan rekayasa pola operasi berhenti luar biasa (BLB) dan mengimbau para calon penumpang untuk mengatur waktu keberangkatan.
Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa./Bisnis-Rio Sandy Pradana
Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa./Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta tidak memberlakukan rekayasa pola operasi berhenti luar biasa (BLB) dan mengimbau para calon penumpang untuk mengatur waktu keberangkatan, seiring dengan penutupan jalan di beberapa ruas jalan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, penutupan jalan ini tentunya berdampak pada adanya pengalihan arus lalu lintas ke ruas jalan sekitarnya khususnya di area Stasiun Gambir dan berpotensi pada kemacetan lalu lintas kendaraan di sekitar stasiun. Adapun, penutupan jalan dilakukan seiring dengan pembacaan putusan sengketa Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi.

Guna mengantisipasi risiko serta meminimalisir keterlambatan para calon penumpang kereta api (KA) jika terjebak macet akibat penumpukan kendaraan dan kesulitan menuju Stasiun Gambir, para calon penumpang diimbau untuk mengatur waktu keberangkatan.

“Meski berpotensi terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan sekitar Stasiun Gambir, operasional KA tetap berjalan normal. Kami tidak memberlakukan rekayasa pola operasi berhenti luar biasa di Stasiun Jatinegara," kata Eva dalam siaran pers, Kamis (27/6/2019).\

Sebagai informasi, pada hari ini total ada 35 keberangkatan KA dari Stasiun Gambir, yang terdiri atas 32 KA reguler dan 3 KA tambahan. Diperkirakan terdapat 13.061 penumpang yang berangkat dan 13.924 penumpang yang turun dari Stasiun Gambir. 

Adapun, untuk rata-rata penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir setiap harinya, sekitar 10.000 penumpang saat weekday, dan 15.000 saat weekend. Pihaknya juga melakukan penambahan petugas keamanan di Stasiun Gambir.

“Kami telah menurunkan 28 petugas pengamanan, dan tambahan 2 petugas dari TNI. Untuk keamanan sesuai SOP yang ada pemeriksaan barang bawaan juga menggunakan metal detector di area boarding gate,” ujarnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan kepada calon penumpang agar menyiapkan kartu identitas yang asli saat melakukan pemeriksaan boarding pass, dan pastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper