Bisakah Menjaga Perilaku Bersih dan Sehat saat Mudik?

Keramaian dan kepadatan kendaraan saat perjalanan dapat memicu terjadinya sejumlah insiden yang dapat menganggu kelancaran mudik.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  10:43 WIB
Bisakah Menjaga Perilaku Bersih dan Sehat saat Mudik?
Ilustrasi - Sampah berserakan di pinggir jalan tol Cikopo-Palimanan Km 88, Jawa Barat, Kamis (22/6). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, CIREBON - Keramaian dan kepadatan kendaraan saat perjalanan dapat memicu terjadinya sejumlah insiden yang dapat menganggu kelancaran mudik. Hal yang tidak boleh lepas dari perhatian pemudik agar insiden buruk tidak terjadi adalah menjaga perilaku bersih dan sehat selama perjalanan.

Kementerian Kesehatan membagikan tips mudik sehat dan menjaga perilaku bersih. Berikut di antaranya:

1. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi. Kepadatan kendaraan di jalur mudik meningkatkan eskalasi polusi di udara. Maka dari itu, selalu siaga dengan masker sebagai salah satu bekal perjalanan Anda.

2. Tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang tidak dikenal. Di satu sisi, bulan Ramadan menggerakkan banyak orang untuk berbagi makanan berbuka puasa. Namun bukan berarti Anda kemudian menjadi tidak waspada. Hindari menjadi korban tindak kejahatan pembiusan melalui makanan dan minuman dengan berperilaku hati-hati.

3. Pilihlah jajanan yang bersih. Jika membawa bekal, pastikan makanan tersebut tidak cepat basi. Jangan lupa melihat tanggal kadaluarsa bila Anda membeli makanan dan minuman dalam kemasan.

4. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan. Kebiasaan yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Setelah melakukan berbagai aktivitas, telapak tangan berpotensi menjadi pintu masuk kuman dan penyakit ke dalam tubuh.

5. Jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya. Disiplin tak buang sampah sembarangan sudah menjadi tata tertib umum yang harus diterapkan dimana pun berada.

6. Buang air kecil atau besar di toilet yang tersedia. Perilaku buang air di sembarang tempat dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menganggu kondusifitas jalur mudik bagi pengguna jalan lain.

7. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat. Mampirlah ke rest area yang tersebar sepanjang jalan tol. Seluruh tempat peristirahatan telah dilengkapi dengan pos kesehatan beserta petugas dan fasilitas yang dibutuhkan.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kebersihan, Jelajah Jawa-Bali, mudik lebaran 2019

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top