Dishub Jabar Luncurkan Mudik Gratis Salembur

Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program mudik gratis bernama Salembur alias Sasarengan Mudik ka Lembur
Wisnu Wage Pamungkas | 28 Mei 2019 11:36 WIB
Pengurus Harian DPW PPPP Jawa Barat (Jabar), yang juga Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.JIBI/BISNIS - Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program mudik gratis bernama Salembur alias Sasarengan Mudik ka Lembur.

 

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Program Salembur merupakan integrasi kegiatan mudik gratis bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh berbagai pihak se-Jawa Barat.

“Pada tahun ini terdapat 16 instansi pemerintah dan BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis,” katanya dalam Apel Siaga Gelar Pasukan Lebaran 2019 di Gedung Sate, Bandung, Senin (27/5/2019) sore.

 

Uu mengatakan, tahun ini ada sekitar 12.813 pemudik di Jawa Barat yang dilayani oleh program tersebut. Para pemudik ini rencananya akan berangkat menggunakan 108 armada bus. 


Kemudian sekitar 5.100 pemudik akan menggunakan kereta api karena dilayani program mudik bagi 300 tiket. “Tiket kereta api bagi sekitar 5.100 pemudik yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

 

Mengutip data Balitbang Kementerian Perhubungan pada 2019 ini diperkirakan sekitar 18,29 juta orang yang akan mudik lebaran secara nasional. “Dan sekitar 3,7 juta orang di antaranya diprediksi mudik ke berbagai daerah di Jawa Barat,” ujarnya.

 

Menurutnya, selain sebagai daerah tujuan mudik, Jawa Barat juga merupakan daerah lintasan pergerakan lalu lintas dan angkutan, baik untuk arus mudik maupun arus Uu mengajak kepada seluruh stakeholder Perhubungan di Jawa Barat untuk berupaya maksimal dalam rangka membantu, mengatur dan mengamankan pergerakan arus mudik maupun arus balik.

 

“Dengan demikian, para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, tertib dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jabar, mudik gratis

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top