Ruas Jalan di Seram Bagian Timur Diminta Naik Status

Saat ini kondisi jalan raya di tiga kecamatan ini sangat memprihatinkan karena mengalami kerusakan cukup parah sehigga jalur transportasi darat selalu dikeluhkan masyarakat setempat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  09:09 WIB
Ruas Jalan di Seram Bagian Timur Diminta Naik Status
ilustrasi - Antara

Bisnis.com, AMBON—Masuk di jalur Trans Seram, sejumlah ruas jalan di tiga kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur  (SBT) disarankan naik status menjadi jalan nasional.

"Ruas jalan yang diusulkan ada di Kecamatan Tutuktou, Kian Darat, serta Kecamatan Teluk Waru," kata anggota komisi C DPRD Maluku, Ridwan Elys di Ambon, Minggu (26/5/2019).

Saat ini kondisi jalan raya di tiga kecamatan ini sangat memprihatinkan karena mengalami kerusakan cukup parah sehigga jalur transportasi darat selalu dikeluhkan masyarakat setempat.

Menurut dia, pemerintah kabupaten selama ini juga terkesan menutup mata dengan kondisi jalan yang rusak dan tidak ada program perbaikan ruas jalan di tiga kecamatan itu, sehingga warga setempat meminta agar status jalan-jalan itu bisa ditingkatkan menjadi jalan nasional agar bisa diperhatikan oleh pemerintah pusat.

Dia mengatakan kasus suap Damayanti sebagai penyebab pekerjaan jalan-jalan ini terpaksa dihentikan hingga saat ini, padahal sejak tahun 2015 silam jalan ini pernah dikerjakan Balai Pelaksanaan Jalan dan Jembatan wilayah Maluku-Malut tetapi tidak sampai rampung.

Anggota DPRD Maluku asal dapil SBT ini mengakui kalau komisi C telah mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR karena ruas jalan tersebut masuk dalam jalan Trans Seram yang langsung menuju ke bandara dan pelabuhan.

"Komisi C DPRD Provinsi Maluku sudah mengusulkan status jalan ini agar jadi jalan nasional, namun penjelasan Dinas PUPR nanti setelah semua jalan nasional ditetapkan baru dimasukan," ujar Ridwan.

Dia berharap, usulan yang disampaikan ini bisa secepatnya direalisasikan oleh pemerintah pusat, sebab kondisi ruas jalan Trans Seram masih sangat memprihatinkan.

"Masyarakat di Kabupaten SBT sangat membutuhkan akses jalan ke tiga kecamatan itu agar bisa beraktivitas dengan baik dan perekonomian di daerah itu bisa ditingkatkan," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan rusak, seram bagian timur

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top