KJRI Chicago Dorong Ekspor Produk Makanan ke Pasar Midwest AS

Sementara itu, jika dibandingkan negara Asean lainnya, Thailand masih mendominasi untuk ekspor produk makanan ke AS yang menguasai 37% pangsa pasar. Setelah Thailand, di posisi berikutnya adalah Vietnam, dan Indonesia di peringkat ke-3.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 25 Mei 2019  |  01:46 WIB
KJRI Chicago Dorong Ekspor Produk Makanan ke Pasar Midwest AS
Pekerja menyusun aneka jenis minuman kaleng di salah satu grosir penjual makanan dan minuman kemasan di Pekanbaru, Riau, Senin (12/6). - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA—KJRI Chicago melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan produk makanan Indonesia di wilayah Midwest Amerika Serikat.

Untuk menarik minat pasar, produk-produk makanan dan minuman Indonesia pun dipamerkan dalam ajang pameran National Restaurant Association 2019 (NRA 2019) yang berlangsung pada tanggal 18 – 21 Mei 2019 di Mc Cormick Place, Chicago, Amerika Serikat.

Konsul Jenderal RI di Chicago Rosmalawati Chalid mengatakan salah satu produk makanan yang penjualannya cukup tinggi di wilayah Midwest Amerika Serikat ialah produk Indofood.

“Kita bangga bahwa produk Indofood sudah mencatatkan penjualan yang cukup meningkat secara signifikan serta memiliki brand awarenessyang cukup tinggi di wilayah Midwest Amerika Serikat,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada situs Kemenlu, Jumat (24/5/2019).

Sementara itu, NRA adalah pameran terbesar untuk para industri restoran di wilayah Amerika Utara, dan ketiga terbesar di dunia. Total potensi transaksi yang dihasilkan selama 4 hari Pameran berlangsung adalah sekitar US$3,14 juta yang berasal dari 25 transaksi.

Selama 4 hari Pameran, Paviliun Indonesia mendapatkan respon yang sangat positif dan ramai dikunjungi oleh lebih dari 135 potential buyeryang hadir, tidak hanya dari sektor industri Horeka, tetapi juga berbagai importir, distributor, retailer, di sektor makanan dan minuman.

Selain memamerkan produk, Indonesian Pavilion juga mengadakan pertemuan bisnis dengan beberapa Perusahaan besar AS yang bergerak di sektor Industri makanan minuman antara lain Pepsi Co, dan Turano, Libbey dan juga industri perikanan yaitu Regal Springs.

Kepala ITPC Chicago menambahkan pada 2018 penjualan produk Indofood di kawasan Midwest AS mencatatkan peningkatan sebesar 43% yang merupakan rekor di wilayah Amerika. 

Momentum tersebut akan dioptimalkan dengan lebih gencar melakukan promosi dan kerja sama strategis dengan mitra distributor, importir dan retailer di kawasan Midwest.

“Selain itu kami bersma Indofood juga mencoba melakukan diversifikasi produk yang dipasarkan, dimana untuk tahun ini produk snacksdan condimentsseperti saus, kecap, sambal menjadi salah satu produk baru yang kami coba pasarkan secara lebih fokus dan segmented,” ungkapnya.

Sementara itu, jika dibandingkan negara Asean lainnya, Thailand masih mendominasi untuk ekspor produk makanan ke AS yang menguasai 37% pangsa pasar. Setelah Thailand, di posisi berikutnya adalah Vietnam, dan Indonesia di peringkat ke-3.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makanan

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top