Tangerang Siapkan Konservasi Monyet di Solear

Tujuan konservasi itu tidak hanya bidang pariwisata tapi ada perlindungan terhadap hewan berekor panjang tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 April 2019  |  18:56 WIB
Tangerang Siapkan Konservasi Monyet di Solear
Monyet - Antara

Bisnis.com, TANGERANG--Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berencana membentuk kawasan konservasi monyet di Kecamatan Solear karena dapat bermanfaat untuk salah satu destinasi wisata.

"Karena habitat hewan primata itu paling banyak di Kecamatan Solear, " kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik di Tangerang, Selasa (30/4/2019).

Achmad mengatakan monyet jenis ekor panjang juga terdapat di Kecamatan Cisoka yang letaknya berbatasan langsung dengan Kecamatan Solear. Namun, hewan tersebut mendiami areal wisata religi berupa makam tokoh agama setempat dalam jumlah yang mencapai ratusan ekor.

Menurut dia, untuk itu perlu ada perlindungan hewan pada dua kecamatan tersebut agar dapat dijadikan sebagai kawasan wisata.

Pihaknya melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan instansi terkait lainnya supaya areal tersebut dapat memiliki payung hukum untuk ditetapkan sebagai kawasan konservasi. Sedangkan tujuan konservasi itu tidak hanya bidang pariwisata tapi ada perlindungan terhadap hewan berekor panjang tersebut.

Dia menambahkan keberadaan monyet di Solear dan Cisoka memiliki  makna yakni memberikan dampak positif kepada wisatawan yang datang berkunjung.

"Dampak negatif kadang hewan itu menyerang penduduk setempat, ini yang menjadi persoalan, membuat petugas menjadi repot karena dapat mencederai anak-anak akibat gigitannya," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Badan Pimpinan Cabang Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BC-PHRI) Kabupaten Tangerang, Sunarjana mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah setempat menjadikan Solear kawasan konservasi.

Sunarjana menambahkan jika terwujud, maka pihaknya berupaya untuk mendatangkan wisatawan melalui mitra usaha ke areal tersebut.

Sebelumnya, Pemkab Tangerang berupaya menggandeng pihak swasta membangun obyek wisata Danau Cigaru di Kecamatan Cisoka supaya lebih banyak dikunjungi turis dalam negeri dan mancanegara.

Danau Cigaru merupakan bekas penambangan pasir milik penduduk setempat, tapi pada tiga danau itu yang berdekatan terdapat air berwarna biru, putih dan kecoklatan, ini yang merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tangerang, kawasan konservasi

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top