Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mudik Lebaran Bakal Didukung 406 Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 406 KA selama Lebaran 2019, atau mengalami kenaikan sebanyak 3% dari jumlah realisasi tahun sebelumnya yaitu 393 KA.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  13:31 WIB
Pemudik Kereta Api (KA) Tegal Ekspres jurusan Jakarta-Tegal tiba di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/6). - Antara/Oky Lukmansyah
Pemudik Kereta Api (KA) Tegal Ekspres jurusan Jakarta-Tegal tiba di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/6). - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 406 KA selama Lebaran 2019, atau mengalami kenaikan sebanyak 3% dari jumlah realisasi tahun sebelumnya yaitu 393 KA.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan merinci kereta tersebut terdiri atas 356 KA Reguler dan 50 KA Tambahan. Adapun, khusus KA Tambahan sudah bisa dipesan mulai H-60.

Sebanyak 50 KA Tambahan Lebaran 2019 tersebut terdiri dari 27 KA Eksekutif & Bisnis, 11 KA Ekonomi Non PSO, 4 KA Ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

"Penambahan KA ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang KA pada masa arus mudik dan balik lebaran 2019," kata Edi dalam siaran pers, Minggu (24/2/2019).

Dia menambahkan setiap harinya, KAI menyediakan 247.010 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang pada 2019 mengalami kenaikan sebanyak 5% dari tahun sebelumnya yaitu 236.210 tempat duduk.

Edi mengingatkan bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar usai melakukan pemesanan tiket agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak maka tiket yang ia pesan akan terjual kembali.

“Kami juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihannya pada Angkutan Lebaran tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top