4 Tahap Revolusi Industri Bisa Harmoni di 1 Zaman, Yogyakarta Contohnya

Empat tahap revolusi industri dinilai dapat hidup harmoni dalam zaman yang sama. Yogyakarta adalah buktinya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  16:00 WIB
4 Tahap Revolusi Industri Bisa Harmoni di 1 Zaman, Yogyakarta Contohnya
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan Pidato Ilmiah Dies Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Ke-73 dengan tema Membangun Kedaulatan Teknologi di Era Disrupsi pada Perayaan Hari Pendidikan Tinggi Teknik di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 22 Februari 2019. - KEMENPERIN

Bisnis.com, JAKARTA - Empat tahap revolusi industri dinilai dapat hidup harmoni dalam zaman yang sama. Yogyakarta adalah buktinya.

Menteri Perindustrian menyampaikan bahwa keberadaan dari industry 4.0 ini dapat berjalan dengan harmoni dengan industri-industri 1.0, 2.0. dan 3.0.

"Implementasi konkretnya kita bisa melihat di Jogja," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan pers, Jumat (22/2/2019).

Dalam Pidato Ilmiah Dies Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ke-73, Airlangga mengangkat tema Membangun Kedaulatan Teknologi di Era Disrupsi. Pada kesempatan itu Airlangga memperoleh Herman Johannes Award untuk bidang Industri 4.0

Airlangga mengungkapkan bahwa Yogyakarta mempunyai kawasan industri 1.0 yang sangat terkenal yaitu kawasan batik dan kawasan perajin perak di Kota Gede, untuk industri 2.0 juga tidak kalah ada kawasan industri makanan ringan bakpia dan kaleng gudeg. Untuk 3.0 juga ada, kita bisa lihat industri susu Sari Husada, hingga yang sudah terapkan 4.0 seperti PT YPTI (Yogya Presisi Teknikatama Industri).

"Jogja adalah miniatur dari harmoni ini. Harmoni dalam transformasi," kata Airlangga.

Secara nasional, menurutnya, perusahaan semacam Schneider Electric, Pan Brothers, Panasonic, Daihatsu, Toyota, Mayora dan Mattel sudah menjadi lighthouse dalam percontohan implementasi industri 4.0.

"Selamat kepada Menperin @airlangga_hrt atas penghargaan #HermanJohannesAward dari @UGMYogyakarta di Bidang Industri 4.0. Semoga prestasi ini dpt menjadi penambah semangat seluruh pegawai Kemenperin untuk bekerja lebih profesional dlm rangka era revolusi industri 4.0 di Indonesia," demikian tweet Kementerian Perindustrian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Revolusi Industri 4.0

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top