Ini Bisnis yang Bakal Moncer di Tahun Babi. IT dan Rumah Makan Termasuk

Konsultan feng shui Dian Setyawan—yang lebih dikenal dengan nama Mas Dian mengatakan bahwa tahun babi kayu akan bagus untuk usaha yang bersifat api, termasuk rumah makan, listrik, pekerjaan yang bersifat IT, juga berkaitan dengan kimia.
Tika Anggreni Purba, Reni Lestari, M. Taufikul Basari
Tika Anggreni Purba, Reni Lestari, M. Taufikul Basari - Bisnis.com 04 Februari 2019  |  12:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi masyarakat Tionghoa, tahun Imlek 2570 bertepatan dengan tahun babi. Penamaan tahun babi ini tentu punya arti tersendiri, khususnya bagi ahli feng shui—Ilmu topografi kuno dari China.

Ahli feng shui sudah menghitung kondisi 2019 sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan arah dan mengambil keputusan, termasuk dalam dunia bisnis. Lalu, bidang usaha apa saja yang bagus di tahun babi kayu—sebagian menyebut tahun babi tanah—ini? Dan apa saja yang kurang beruntung?

Konsultan feng shui Dian Setyawan—yang lebih dikenal dengan nama Mas Dian mengatakan bahwa tahun babi kayu akan bagus untuk usaha yang bersifat api, termasuk rumah makan, listrik, pekerjaan yang bersifat IT, juga berkaitan dengan kimia.

Selain itu, yang hokinya juga tinggi adalah bisnis yang berkaitan dengan kayu, kertas, percetakan, meubel, termasuk bidang fotografi, wartawan, dan arsitek.

Beberapa usaha yang masuk kategori cukup bagus, atau tidak jelek, adalah perdagangan, transportasi, perairan, dan perikanan. “Saya lihat perikanan cukup oke, walaupun banyak gangguan soal badai.”

Mas Dian

KURANG BAGUS

Sementara itu, usaha yang cukup dirugikan di tahun babi kayu adalah yang bersifat tanah, seperti properti, soal pendidikan, sumber daya manusia, dan termasuk kerajinan. Pertambangan juga dinilai kurang baik, kecuali pertambangan yang bersifat api, seperti minyak.

Bisnis yang bersifat butuh perjuangan baru bisa menghasilkan cukup bagus yaitu bidang keuangan, misalnya perbankan, investasi, saham, logam, emas, kontruksi besi, pergudangan, hingga persenjataan.

Usaha di pasar saham termasuk bidang keuangan dan butuh perjuangan baru ada hasilnya. Selain itu, pasar bisa saja anjlok dan orang lebih memilih instrumen investasi seperti deposito karena suku bunga naik.

Senada, konsultan Hokiplus The Steven Eric Lazuardi menyebut bahwa elemen tanah identik dengan sifatnya yang menyerap. Hal ini berarti terjadi penyerapan ilmu dan ide-ide yang baru.

Secara khusus perkembangan teknologi menjadi hal yang paling pesat, khususnya teknologi informasi. Tetapi di satu sisi, bisnis berbasis teknologi masih rentan terhadap masalah keamanan.

Konsultan Hokiplus The Steven Eric Lazuardi

PERANG TEKNOLOGI

Pada tahun ini akan terjadi perang teknologi, karena dunia mulai mengarahkan pada financial technology. Perkembangan fintech akan terjadi sangat besar dan pesat. Namun, perlu hati-hati karena dengan fintech pengelolaan atau manajemen uang masyarakat semakin tidak terkendali.

Secara global, akan terjadi penurunan ekonomi di seluruh dunia karena keserakahan manusia terhadap uang. Berbagai instrumen investasi tidak menunjukkan keuntungan yang signifikan. Pada tahun babi tanah ini, manusia akan semakin serakah.

Dalam dunia bisnis, walau kelihatannya bidang teknologi memiliki performance outlook yang sangat bagus, namun tetap akan terjadi penurunan. Karakteristik babi menunjukkan kepura-puraan.

Banyak perusahaan yang kelihatannya bagus di depan publik, tetapi sebenarnya penuh dengan utang. Inilah yang disebut dengan kebohongan publik. “Hati-hati dengan perusahaan yang hoaks, yang sengaja untuk membuat perekonomian semakin tidak pasti,” kata Steven.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
imlek

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top