Serapan Dana Desa: Presiden Jokowi Apresiasi Peran Pendamping Desa

Presiden Joko Widodo mengapresiasi realisasi penggunaan Dana Desa di Provinsi Jawa Timur yang mencapai angka 99,6% pada tahun lalu.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 02 Februari 2019  |  21:19 WIB
Serapan Dana Desa: Presiden Jokowi Apresiasi Peran Pendamping Desa
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh, Aceh, Jumat (14/12/2018). - ANTARA/Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengapresiasi realisasi penggunaan Dana Desa di Provinsi Jawa Timur yang mencapai angka 99,6% pada tahun lalu.

Menurut Jokowi hal ini bisa tercapai karena kerja keras dan militansi seluruh pihak terkait utamanya para pendamping desa.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat menghadiri acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur.

"Saya melihat dibanding provinsi-provinsi lain, di Jawa Timur ini pendamping desa begitu militan untuk desanya masing-masing. Tadi saya dibisiki oleh Pak Menteri Desa, realisasi di 2018 berapa persen, Pak Menteri? 99%. Sangat sangat tinggi sekali," ujar Presiden, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (2/2/2019).

Dalam empat tahun pelaksanaan Dana Desa, Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan Rp19 triliun. Presiden berpesan agar uang sebesar itu tidak kembali ke kota atau bahkan kembali ke Jakarta.

"Usahakan agar uang-uang itu berputar terus dari desa ke desa," lanjut Jokowi.

Jokowi menjelaskan, dengan perputaran uang yang semakin banyak di desa, maka kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.

"Teorinya adalah semakin uang beredar di desa-desa, kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Itu teori ekonomi yang tidak bisa diutak-atik lagi," ungkap Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, dana desa

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top