Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Uang Beredar Pada Desember Melambat

Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh melambat pada Desember 2018. 
ilustrasi./Bisnis-Abdullah Azzam
ilustrasi./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh melambat pada Desember 2018. 

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan posisi M2 pada Desember 2018 tercatat Rp5.758,3 triliun atau tumbuh 6,3% (yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 6,6% (yoy). 

Kepala Departmen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman mengungkapkan perlambatan M2 berasal dari komponen uang beredar dalam arti sempit (M1) dan uang kuasi yang masing-masing tumbuh sebesar 4,8% (yoy) dan 6,7% (yoy), tidak setinggi pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5,0% (yoy) dan 7,1% (yoy).

"Pertumbuhan M2 yang melambat terutama dipengaruhi oleh penurunan aktiva luar negeri bersih," kata Agusman.

Aktiva luar negeri bersih pada Desember 2018 turun lebih dalam menjadi -6,4% (yoy) dari bulan sebelumnya sebesar -2,4% (yoy). 

Agusman mengatakan penurunan aktiva luar negeri bersih tersebut terutama didorong perlambatan tagihan kepada bukan penduduk di tengah peningkatan kewajiban kepada bukan penduduk seiring dengan peningkatan aliran masuk modal pada pasar surat berharga. 

Sementara itu, kredit perbankan pada Desember 2018 tumbuh 11,7% (yoy) relatif stabil dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 11,9% (yoy). 

Pertumbuhan tagihan bersih kepada pemerintah pusat yang tercatat lebih baik, yaitu dari -3,5% (yoy) menjadi -3,2% (yoy) pada Desember 2018, sedikit menahan perlambatan M2.

Adapun, transmisi suku bunga kebijakan Bank Indonesia terus berlanjut terutama pada suku bunga simpanan berjangka. Rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka seluruh tenor mengalami kenaikan pada Desember 2018. 

Suku bunga simpanan berjangka tenor 1, 3, 6, 12 dan 24 bulan tercatat masing-masing sebesar 6,92%, 6,84%, 7,06%, 6,51%, dan 7,21%, meningkat dibandingkan suku bunga pada bulan sebelumnya sebesar 6,72%, 6,59%, 6,90%, 6,41%, dan 7,00%. 

Sementara itu, Agusman mengemukakan rata-rata tertimbang suku bunga kredit pada Desember 2018 turun sebesar 12 basis poin dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 10,80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper