Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Instruksikan Bulog Serap Jagung Petani

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Perum Bulog untuk menyerap jagung dari petani untuk menekan kenaikan harga pakan ayam yang dikhawatirkan dapat memacu harga ayam di pasar.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 24 Januari 2019  |  18:14 WIB
Petani mengupas kulit jagung menjelang panen di Desa Polagan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Saiful Bahri
Petani mengupas kulit jagung menjelang panen di Desa Polagan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Saiful Bahri

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menginstruksikan Perum Bulog untuk menyerap jagung dari petani untuk menekan kenaikan harga pakan ayam yang dikhawatirkan dapat memacu harga ayam di pasar.

Seusai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan bahwa dirinya melaporkan hasil pengecekan Bulog ke Garut terkait hasil panen jagung.

“Jadi untuk kesiapan kita, Bulog diperintah beliau [Presiden] untuk menyiapkan penyerapan jagung yang nanti dipanen dari masa panen yang diperkirakan bulan Februari. Sudah panen di Garut. Salah satunya, namun tak hanya di Garut saja, di beberapa wilayah yang produksi jagung,” ujarnya, Kamis (24/1/2019).

Tak hanya itu, Bulog diakuinya juga akan melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang sedang dan akan panen jagung. Ketika disinggung terkait impor jagung skeitar 100.000 ton, Budi Waseso menjelaskan keputusan tersebut diambil ketika ada kekurangan stok jagung di gudang Bulog.

“Gini, kita kan belum tahu produksi yang sebenarnya berapa banyak ya kan. Nanti kan sesuai, umpama gini, Garut produksi [jagung] sekian banyak, kebutuhan berapa banyak. Kalau ada kelebihannya itu kita ambil untuk kemudian disuplai ke wilayah yang defisit. Nanti daerah mana lagi yang produksi jagung, yang ada kelebihannya yang surplus.”

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jagung
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top