Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WIKA Menang Lelang Bendungan Manikin Paket I, PTPP Paket II

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. memenangkan lelang pembangunan Bendungan Manikin, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dua BUMN karya ini menyisihkan 96 peserta dalam lelang yang dimulai sejak Oktober 2018.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 03 Januari 2019  |  00:59 WIB
Pekerja melakukan pengecekan rutin beton. - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja melakukan pengecekan rutin beton. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. memenangkan lelang pembangunan Bendungan Manikin, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dua BUMN karya ini menyisihkan 96 peserta dalam lelang yang dimulai sejak Oktober 2018.

Berdasarkan informasi layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), kontrak pembangunan Bendungan Manikin dibagi dalam dua paket. Wijaya Karya memenangkan lelang paket I dengan penawaran Rp1,02 triliun. Adapun, paket II dimenangkan PTPP dengan harga penawaran Rp905,25 miliar. Kontrak pembangunan bendungan dilakukan pada 28 Desember 2018

Data Pusat Bendungan Kementerian PUPR menunjukan, Bendungan Manikin akan mulai dibangun tahun ini dan dijadwalkan selesai pada 2023. Bendungan ini akan memiliki luas genangan 384 hektare dengan kapasitas tampung 79,38 juta meter kubik.

Selain berfungsi sebagai pengendali banjir, Bendungan Manikin juga berguna sebagia sumber air untuk irigasi lahan seluas 1.030 hektare. Untuk diketahui, pemerintah mencanangkan pembangunan 65 bendungan sejak 2015 untuk meningkatkan volume air yang ditampung.

Di sisi lain, Kementerian PUPR juga menjadwalkan penandatanganan kontrak Bendungan Bolango Ulu pada 4 Januari 2019. Lelang proyek bernilai Rp2,36 triliun saat ini dalam tahap masa sanggah. Adapun, empat BUMN karya dinyatakan lulus tahap kualifikasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wika ptpp bendungan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top