Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Merak - Pasuruan Tersambung Jalan Tol. Tugas Pemerintah Belum Selesai

Presiden Joko Widodo menyatakan Merak (Banten) dan Pasuruan (Jawa Timur), dua daerah yang terletak di ujung Barat dan ujung Timur Pulau Jawa, telah "tersambung" oleh jalan tol.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 20 Desember 2018  |  16:59 WIB
Presiden Joko Widodo mengamati peta jalan tol di sela-sela peresmian ruas jalan tol Trans Jawa di Interchange Bandar kilometer 671, Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo mengamati peta jalan tol di sela-sela peresmian ruas jalan tol Trans Jawa di Interchange Bandar kilometer 671, Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, KENDAL--- Presiden Joko Widodo menyatakan Merak (Banten) dan Pasuruan (Jawa Timur), dua daerah yang terletak di ujung Barat dan ujung Timur Pulau Jawa, telah "tersambung" oleh jalan tol.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi seusai meresmikan tiga ruas jalan tol yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasuro di Jembatan Kalikuto, Kendal, Kamis (20/12/2018).

"Ini adalah sejarah baru transportasi Indonesia karena tersambung dari Merak ke Grati di Pasuruan," kata Presiden.

Ia juga menyatakan bahwa Jakarta dan Surabaya juga telah tersambung oleh jalan tol Trans Jawa tersebut.

Kendati demikian, tugas pemerintah belum selesai. Pada saat ini, pemerintah berencana membangun jalan tol hingga Banyuwangi, daerah paling Timur di Pulau Jawa, sehingga Pulau Jawa benar-benar "tersambung".

Presiden mengharapkan jalan tol yang membentang dari Merak sampai Pasuruan itu dapat memberikan dampak ekonomi yang baik terhadap masyarakat.

Seperti diketahui, Presiden menyusuri jalan tol dari Jawa Timur sampai Jawa Tengah sepanjang hari menggunakan bus Damri, Kamis (20/12/2018). Selain tol di Jawa Tengah, Presiden juga meresmikan sejumlah ruas tol di Jawa Timur.

Empat ruas jalan tol itu antara lain Wilangan - Kertosono (panjang 37,9 kilometer/km), Bandar - Kertosono (0,9 km), Porong - Gempol (6,3 km) dan Pasuruan - Grati (13,65 km).

Dalam kesempatan ini, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan sebagainya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi tol trans jawa
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top