Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah ALMM+3 pada 2020

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asean Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-26 serta Asean Labour Ministers Meeting plus Jepang, Korea dan China (ALMM +3) ke-11 pada 2020.
Amanda Kusumawardhani | 30 November 2018 22:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asean Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-26 serta Asean Labour Ministers Meeting plus Jepang, Korea dan China (ALMM +3) ke-11 pada 2020.

Penunjukan tuan rumah perhelatan dua tahunan ini disebutkan dalam kesepakatan bersama pertemuan regional tersebut.

“Selain ingin menyukseskan pertemuan, sebagai tuan rumah Indonesia juga akan mendorong pembahasan agenda yang relevan dengan isu keteagakerjaan Asean dan Indonesia,” kata Maruli A Hasoloan, Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan di Kuala Lumpur, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (30/11/2018).

Tentang tema pertemuan, dia mengungkapkan akan dibahas bersama dengan seluruh anggota Asean dan Asean+3, dalam berbagai serial pertemuan sebelum pelaksanaan yang tentunya harus relevan dalam merespons isu mutakhir ketenagakerjaan.

“Pada rangkaian pertemuan sebelum pelaksanaan itulah, Indonesia akan aktif menyampaikan inisiatif gagasan sebagaimana yang dilakukan selama ini,” tambah Maruli.

Adapun, inisiatif Indonesia terkait ketenagakerjaan yang menjadi pembahasan bersama di Asean antara lain tentang pemberian akses pendidikan kepada anak-anak pekerja migran, meningkatkan kompetensi calon pekerja migran, peningkatan upaya migrasi yang aman, dan pentingnya merespons dampak ketenagakerjaan dari industri 4.0.

Tag : asean
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top