Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duta Besar Arab Saudi Kunjungi Laboratorium Sucofindo

uta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Osama Al Shuaibi berkunjung ke laboratorium milik PT Sucofindo (Persero) untuk menjajaki kerja sama di bidang jasa pengujian untuk berbagai produk perdagangan.
Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Osama Al Shuaibi dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin berfoto bersama Direksi Sucofindo./Ranu Arasyki
Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Osama Al Shuaibi dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin berfoto bersama Direksi Sucofindo./Ranu Arasyki

Bisnis.com, JakartaDuta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Osama Al Shuaibi berkunjung ke laboratorium milik PT Sucofindo (Persero) untuk menjajaki kerja sama di bidang jasa pengujian untuk berbagai produk perdagangan.

Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin menerima rombongan Duta Besar Arab Saudi pada Senin (12/11/2018). Osama beserta jajarannya kemudian melakukan tur laboratorium untuk melihat kapabilitas dan kapasitas laboratorium milik Sucofindo.

Osama mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen di sektor swasta dan pemerintahan, khususnya penjajakan kerja sama di bidang pengujian komoditas, standardisasi, dan perdagangan untuk kelancaran kolaborasi di bidang ekonomi antara Arab Saudi dan Indonesia, sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Osama mengapresiasi fasilitas laboratorium yang dimiliki oleh Sucofindo. Dia berharap dengan adanya pengujian dan sertifikasi yang dilakukan itu, kualitas dan kelayakan produk lokal yang diekspor ke Arab Saudi dapat terjamin. Pihak Arab Saudi akan mendiskusikan penjajakan kerja sama ini bersama dengan lembaga SASO (Saudi Arabian Standard Organisation).

Pada kesempatan itu, Bachder menjelaskan Sucofindo saat ini telah melakukan kegiatan sertifikasi produk atas barang ekspor dari Indonesia ke Arab Saudi sesuai standar SASO dan siap untuk melakukan pengujian lainnya.

Bachder memperkenalkan beberapa fasilitas dan layanan laboratorium yang dimiliki, di antaranya laboratorium kimia lingkungan kimia umum, migas dan petrokimia, kalibrasi, teknis dan mekanik serta pengujian mineral dan batu bara.

Layanan laboratorium yang menarik perhatian rombongan ialah laboratorium pengujian halal, sertifikasi dan pengujian produk berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan standar lainnya, serta pengujian perangkat telekomunikasi dan pengujian alat kesehatan.

Bachder menambahkan, dengan kunjungan ini pemerintah Arab Saudi dapat melihat langsung kualitas laboratorium Sucofindo. Ke depannya, kerja sama kedua negara diharapkan akan semakin berkembang.

Sementara itu Anwar Tahir, Kepala SBU Laboratorium Sucofindo mengatakan laboratorium didukung oleh personel dan tenaga ahli dengan lisensi sertifikat yang diakui secara nasional dan internasional.  Selain itu laboratorium Sucofindo telah mendapatkan akreditasi ISO 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan memiliki jaringan laboratorium di 46 titik di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ranu Arasyki
Editor : Ratna Ariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper